Jual Tiang Pancang Pipa Baja kirim ke Malang ☎ 0822-4582-0777 (Rinanti)

Jika Anda pernah melihat bentuk tiang-tiang pancang, maka Anda mendapati bahwa tiang pipa pancang ini merupakan tiang yang amat besar yang digunakan pada konstruksi bahan yang tidak sederhana. Melihat diameternya saja sudah bisa membuat Anda mengetahui betapa beratnya dan betapa besarnya kegunaan tiang pancang ini pada pembangunan bangunan penting. Bahan tiang pancang ini digunakan dengan cara ditanamkan pada tanah yang memiliki kedalaman tertentu, cara pemasangannya rumit dan tentunya membutuhkan banyak alat berat untuk melakukannya.

Berdasarkan material dan juga cara pemasangannnya, tiang pancang diklasifikasikan menjadi empat yaitu tiang pancang beton, tiang pancang kayu, tiang pancang composite dan tiang pancang baja. Pada kesempatan kali ini kita akan kupas lebih jauh mengenai banyak hal yang berkaitan dengan tiang pancang baja.

Berdasarkan bahan pembuatannya maka tiang pancang ini bisa dibagi ke dalam beberapa macam, tiang pancang kayu, tiang pancang beton, tiang pancang baja dan tiang pipa pancang komposit. Untuk setiap bahan yang berbeda pastinya ada perbedaan cara pemasangan yang juga dilihat dari struktur tanah dimana tiang pancang ini akan dipasang. Cara pemasangan tiang pancang ini pun ada beragam, dengan dibor, dipukul, atau dengan cara didongkrak masuk ke dalam tanah. Semua pekerjaan ini adalah pekerjaan yang berat dan hanya orang yang sudah lebih berpengalaman saja yang bisa melakukannya. Ketepatan pada saat pemasangan juga akan sangat menentukan pada saat pembangunan itu nantinya.

Spesifikasi Tiang Pancang Baja

Pipa pancang sendiri memang memiliki beberapa spesifikasi dan perlu untuk diketahui jika spesifikasi dari pipa pancang baja yang mana ada di pasaran memang bergantung dari pabrikan pembuatannya. Dan berikut ini adalah beberapa contoh spesifikasi pipa pancang baja yang paling umum digunakan:

  1. Yang pertama adalah pipa pancang mini pile, jenis pipa pancang ini sendiri memiliki 4 spesifikasi yaitu pipa pancang dengan ukuran 28x28x28 cm, kemudian tulangan besi ulirnya 10/13 mm, panjang 3000 mm dan juga 6000 mm, sedangkan untuk mutu betonnya K-450. Kemudian yang kedua adalah memiliki ukuran 32x32x32 cm, dengan tulangan besi ulir 13 mm dan panjang 3000 mm dan 6000 mm, sedangkan untuk mutu betonnya K-450. Lalu tersedia juga pipa pancang mini pile yang berukuran 20×20 cm, dengan tulangan besi ulir 10/13 mm, kemudian panjang 3000 mm dan 6000 mm serta mutu beton K-450. Dan yang terakhir adalah memiliki ukuran 25×25 cm, dengan tulangan besi ulir 13 mm dan panjang 3000 mm dan 6000 mm serta mutu beton K-450.
  2. Kemudian untuk yang kedua adalah spesifikasi untuk jenis pipa pancang maxi pile, adapun spesifikasinya adalah ukuran square pile 30×30 cm. Kemudian square pile dengan ukuran 35×35 cm. Square pile dengan ukuran 40×40 cm. Dan yang terakhir square pile dengan ukuran 45×45 cm.

Tingkat karat pada tiang pancang baja dipengaruhi oleh kelembaban tanah, panjang pipa tertanam, dan juga dari tekstur tanahnya.

Tiang Pancang Pipa Baja

Memang tiang pipa baja ini bisa saja mengalami korosi jika tanah tempat penanaman tiang ini lembab, semakin tinggi tingkat kelembabannya maka tentunya korosi yang akan dialami oleh tiang pancang baja itu akan semakin banyak, sebaliknya dengan dasar tanah yang tidak lembab sama sekali seperti halnya tanah berpasir maka keadaan korosinya bisa sangat kecil terjadi atau bahkan tidak ada korosi. Jika Anda tetap ingin menggunakan tiang pancang baja maka sebaiknya perhatikan dulu sebelum pemasangan dengan melakukan pecegahan agar tiang pancang baja itu tidak cepat berkarat.

Penyambungan dari tiang pancang pipa sendiri terdiri dari sebuah cincin yang mana berbingkai. Penyambungan tersebut juga dilakukan dengan mengelas sekeliling dari sambungan pipa tersebut kemudian ditutup kembali dengan bingkai cincin yang dilas di sekeliling kedua pipa yang sudah disambungkan tersebut. Sambungan tersebut nantinya akan membangun suatu kekatan tiang pancang di dalam kompresi, kemudian kelenturan dan juga geseran untuk bisa memenuhi persyaratan kode bangunan. Tiang pancang baja sendiri umumnya ringan, kuat dan juga bisa menahan beban berat, kemudian penyambungan dari riang juga bisa dilakukan sangat mudah. Dengan demikian tak heran jika tiang pancang baja ini lebih diminati oleh masyarakat dan beberapa proyek.

Tiang Pancang Baja Wika di Malang

Tiang pancang baja adalah salah satu dari empat jenis material pipa pancang yang sering digunakan pada proses konstruksi bangunan. Semua kualitas pipa pancang baja ini juga bisa berubah tergantung dengan produsen yang membuatnya. Ada satu produsen pipa pancang baja yang juga menjual bahan bangunan lain yaitu WIKA yang dikenal memiliki produk berkualitas.

Cara Pemasangan Pondasi Tiang Pancang

Tentunya dalam pemasangan pondasi tiang pancang ini caranya bisa berbeda-beda tergantung dari jenis tiang pancang yang digunakan. Penggunaan pondasi pada tiang pancang ini sudah dilakukan sejak dulu, ketika tiang pancang yang tersedia hanyalah tiang pancang dari kayu.

  1. Melakukan sebuah pengetesan pada tanah yang ada dilokasi rencana pondasi untuk bisa mengetahui jenis dari tanah dan juga kedalaman lapisan keras.
  2. Menghitung struktur pondasi pada tiang pancang dengan demikian bisa ditentukan kebutuhan dari tiang pancang, spesifikasi material dan juga kedalaman dari tiang pancang tersebut. Dengan demikian akan lebih kuat untuk bisa menahan beban bangunan.
  3. Produksi tiang pancang bisa dilakukan di pabrik degan menggunakan spesifikasi sesuai dengan perhitungan dan dikirimkan ke lokasi proyek tersebut menggunakan kendaraan truk besar.
  4. Pengangkatan dari tiang pancang bisa menggunakan tower crane ataupun mobil crane yang mana posisi titik angkat harus sesuai dengan perhitungan agar nantinya tidak patah di dalam pengangkatannya.
  5. Surveyor harus melakukan pengukuran di lapangan untuk bisa menentukan titik yang sesuai dengan gambar dan mendirikan alat teodolit untuk bisa mengecek ketegakan dari pemancangan, karena tiang pancang tersebut diangkat secara tegak lurus dan kemudian posisi dari ujung diesel hammer akan dinaikan, serta topi paal nantinya akan dimasukan pada kepala tiang pancang.
  6. Ketegakan dari posisi pemancangan tersebut harus dikontrol menggunakan 2 buah teodolit yang mana dipasang dari dua arah, hal tersebut untuk memastikan posisi dari tiang pancang benar – benar tegak dan juga melakukan kontrol setiap 2 m, pemancangan tersebut dilakukan sampai nantinya elevasi kedalaman sesuai dengan yang direncanakan.
  7. Tiang pancang yang mana tersisa di atas elevasi rencana tersebut dikelupas bagian betonnya dengan demikian akan tersisa besi tulangan yang nantinya akan digunakan untuk stek yang akan dihubungkan dengan pile cap di bagian bangunan gedung ataupun abutmen di konstruksi jembatan.

Daftar Harga Pipa Pancang Baja di Malang

Setap bahan bangunan tentu saja memiliki harga tersendiri, dan berbicara mengenai harga, harga dari pipa pancang baja sendiri tentu saja berbeda – beda dan tergantung dari jenis, merk dan ukurannya. Harga pipa pancang baja bisa sangat bervariasi mulai dari ratusan ribu sampai jutaan rupiah. Untuk mendapatkan pipa pancang baja yang sesuai dengan harga yang dibutuhkan maka Anda perlu mengukur keperluan pipa pancang baja yang akan digunakan pada pembangunan yang akan segera dilakukan.

Harga Pipa Pancang Spiral di Malang

Pipa pancang spiral tersedia dalam beberapa diameter, mulai dari 30 cm dengan panjang 6m/8m, diameter 40 cm dengan panjang 9m/10m, diameter 50 cm dengan panjang 12m/14m dan diameter 60 cm dengan panjang 15m/16m.

Harga Tiang Pancang Baja Per Meter di Malang

harga tiang pancang baja per kg

Sehingga saat Anda membutuhkan panjang yang lebih lagi maka Anda bisa menyambungkan dua tiang pancang baja menjadi satu dengan metode pengelasan.

Harga Tiang Pancang Baja Per Kg di Malang

Selain bisa membeli tiang pancang baja dalam bentuk per meter dan per batang maka Anda juga bisa membeli tiang pancang baja ini dengan ukuran per kg. Namun tidak banyak yang membelinya dalam ukuran ini karena lebih repot. Biasanya harga untuk tiang pancang baja per kg adalah seharga ratusan ribu rupiah. Mengingat tiang ini terbuat dari baja tentunya untuk membelinya per kg bisa sangat mahal namun jika Anda membeli tiang pancang baja dengan bentuk pipa yang dijual per kg harganya bisa lebih murah dan lebih ekonomis untuk Anda beli, namun tentunya Anda membutuhkan bahan beton untuk mengisi kekurangannya.