Pipa (Hitam/Gas, Galvanis) di Padang

  • Info Pemesanan?

    Kantor Pemasaran

  • Pipa hitam dalam dunia konstruksi mall, perumahan, perkantoran, maupun gedung lainnya umum digunakan untuk membangun pipa asaluran air, gas, maupun saluran pembuangan. Kegunaan pipa-pipa ini tanpa kita sadari kita gunakandalam kehidupan sehari-hari, karena yang orang awam pada umumnya lebih mengenal dalam bentuk sesuatu yang jadi, seperti pagar, tiang-tiang lampu, tiang baliho, dan sebagainya.

    Berikut ini adalah ulasan mengenai pipa besi yang sering juga disebut dengan pipa hitam.

    Kegunaan Pipa HitamPipa hitam merupakan pipa yang dibuat dari bahan besi stainless yang membuatnya bebas dari korosi. Sifatnya yang aman dari korosi ini membuatnya menjadi salah satu bahan bangunan yang dipilih dalam dunia indusri. Selain dunia industri, kegunaan dari pipa hitam ini masih ada sangat banyak mulai dari untuk kebutuhan rumah tangga untuk mengalirkan gas atau bahkan untuk mengamankan kabel dalam instalasi listrik. Hal ini semata-mata karena sifat dari pipa hitam yang kuat dan tahan lama.

    Jenis Dan Ukuran Pipa Gas

    Pipa hitam sendiri merupakan pipa yang terbuat dari besi. Namun jenisnya tidak hanya 1. Jenis pipa ini disesuaikan dengan kegunaannya.

    Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, pipa hitam dapat digunakan untuk banyak hal karena kekuatan dan juga ukurannya yang beragam. Ukuran yang dimiliki oleh pipa ini ditentukan dari ketebalan pipa, diameter dari pipa dan juga panjang dari pipa hitam tersebut.

    Seperti jenis-jenis pipa lainnya, pipa gas mempunyai ukuran yang beragam. Ukuran tersebut dapat dibedakan berdasar panjang, ketebalan dan juga diameter yang dimiliki pipa tersebut. Untuk penggunaannya sendiri, pipa hitam bahkan bisa bertahan sampai usia 10 tahun. 10 tahun ini adalah jangka waktu yang cukup lama mengingat kekuatan yang dimiliki dari pipa gas bisa diandalkan.

    • Diameter = 1/2″ – 6 meter, OD = 2.7 mm, ID = 16.1 mm, Tebal = 2.8 mm, Berat = 7.86 kg
    • Diameter = 3/4″ – 6 meter, OD = 27.2 mm, ID = 21.4 mm, Tebal = 2.9 mm, Berat = 10.44 kg
    • Diameter = 1″ – 6 meter, OD = 34 mm, ID = 27.2 mm, Tebal = 3.4 mm, Berat = 15.42 kg
    • Diameter = 1 1/4″ – 6 meter, OD = 42.7 mm, ID = 35.5 mm, Tebal = 3.6 mm, Berat = 20.82 kg
    • Diameter = 1 1/2″ – 6 meter, OD = 48.6 mm, ID = 41.2 mm, Tebal = 3.7 mm, Berat = 24.6 kg
    • Diameter = 2″ – 6 meter, OD = 60.5 mm, ID = 52.7 mm, Tebal = 3.9 mm, Berat = 32.64 kg
    • Diameter = 2 1/2″ – 6 meter, OD = 76.3 mm, ID = 65.9 mm, Tebal = 5.2 mm, Berat = 54.72 kg

    Biasanya makin besar diameter yang dimiliki oleh pipa hitam, maka makin besar juga ketebalan pipa yang dimilikinya. Selain makin tebal, pipa yang memiliki diameter yang makin besar tentunya juga memiliki ukuran berat dan harga yang lebih.

    Pemasangan Pipa Gas Rumah Tangga di Padang

    Selain digunakan dalam industri, ternyata pipa hitam yang sering dikenal sebagai pipa gas ini sebetulnya juga bisa digunakan dalam rumah tangga. Fungsinya apa? Fungsinya adalah sebagai penyalur gas alam ke rumah tangga

    Saat ini sudah ada cukup banyak daerah yang menggunakan gas alam untuk rumah tangganya. Nah penggunaan pipa gas ini difungsikan untuk menyalurkan gas alam tersebut ke perumahan. Untuk menyalurkan gas alam ke perumahan dibutuhkan pipa gas atau pipa hitam karena memang dibutuhkan pipa yang tahan lama dan aman dari benturan dan kebocoran.

    Pada pemasangan pipa gas rumah tangga nanti biasanya menggunakan pipa yang berbahan dasar carbon steel, ukuran pipa tidak terlalu besar dan mempunyai ketebelan sekitar 4 mili ( mm ) serta di lengkapi dengan pemasangan regulator guna menurunkan tekanan gas. Ketika pemasangan pipa gas rumah tangga ini selesai, pastinya dilakukan uji coba tekanan gas nitrogen selama dua sampai tiga hari guna memastikan tidak ada kebocoran gas dan menjamin keselamatan banyak orang.

    Harga Pipa Gas Medis

    Berbagai macam bidang bisa menggunakan pipa besi ini karena memang sangat aman untuk digunakan termasuk dunia medis.

    Pipa yang digunakan untuk dunia medis ini juga memiliki perbedaan karena digunakan untuk gas yang akan masuk dalam tubuh. Biasanya pipa yang digunakan adalah pipa dari bahan tembaga. Untuk harganya tentu saja cukup berbeda dari harga pipa yang biasa.

    Harga Pipa Gas Besi

    Pipa gas untuk keperluan medis memang berbeda dengan pipa gas untuk keperluan lainnya. Perbedaannya adalah dari bahan yang digunakannya. Untuk pipa gas dari besi biasanya harganya berkisar antara 30 ribu hingga 700 ribuan setiap meternya.

    Tingkatan harga ini umumnya akan bergantung pada diameter ujung pipa dan dalam setiap pembelian, ukuran panjang yang tersedia umumnya sama, yaitu 6m. Namun demikian, Anda perlu menekankan bahwa harga yang tertera diatas bisa berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan perusahaan.

    Ukuran Pipa Besi Hitam

    Pipa besi tidak serta merta berukuran bulat dan diukur dengan satuan inch. Namun ada juga pipa besi yang diproduksi dengan ukuran kotak yang disebut hollow besi. Ukurannya pun bervarisi sama seperti pipa bulat pada umumnya.

    Mengingat bahannya yang tahan lama, umumnya pipa besi hitam bisa digunakan hingga jangka waktu 10 tahun.

    Daftar Harga Pipa Besi Hitam di Padang

    Untuk harga pipa besi hitam ini sangat bervariatif mulai dari untuk ukuran sampai dengan ketebalan harus diperhatikan. Setiap pembuat atau penjual pasti memiliki harga yang berbeda-beda.

    Ukuran Pipa Galvanis

    Ukuran pipa galvanis paling kecil adalah ½ inci hingga 4 inci. Sedangkan untuk ukuran medium, Anda bisa menjumpai ukuran mulai 5 inci hingga 20 inci. Dan untuk hollow pipa galvanis biasanya berukuran 1,5 x 3 cm, dan untuk ketebalan pipa sama dengan pipa besi pada umumnya.

    Pipa Galvanis Medium

    Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, pipa galvanis merupakan salah satu varian dari pipa hitam. Begitu juga dengan pipa galvanis medium. Pipa galvanis medium ini merupakan pipa yang juga terbuat dari besi. Diluar dari besi, anda bisa menemukan lapisan seng. Lapisan seng yang dimiliki oleh pipa ini dapat membantu pipa menjadi lebih tahan lama. Hal ini disebabkan karena sifat dari seng yang tidak mudah mengalami korosi. Keberadaan seng dalam pipa ini membuat pipa dapat bertahan lebih lama dari adanya korosi.