Alat Pemadam Api Ringan (APAR) di Nganjuk

  • Info Pemesanan?

    Kantor Pemasaran

    Bumi Wonorejo Asri A4 No.03, Surabaya

  • Jika pada artikel sebelumnya saya telah membahas masalah pengertian dan jenis-jenis,Pada kesempatan kali ini saya akan mengulas tentang harga dan penyedia alat pemadam kebakaran.

    Mengapa kami menulis hal ini karena ini merupakan hal penting. Ya, setiap rumah terutama yang berada berdempet dempetan dengan rumah tetangga, maka alat pemadam kebakaran wajib untuk dimiliki. Tentu setiap keluarga pasti membutuhkan api, khususnya untuk memasak. Tidak jarang terjadinya kebakaran karena keteledoran atau juga bisa di karenakan adanya konsleting listrik. Tentu penanganan yang terlambat akan membuat api membesar dan sudah tidak dapat di kendalikan.

    Alat pemadam kebakaran ini ada banyak jenis dan manfaatnya, setiap merek dan jenis memiliki fungsi dan kapasitas kemampuan pemadamannya. Untuk detail seputar alat ini, pastikan untuk membaca hingga akhir.

    Pengertian dan Kegunaan Alat Pemadam Kebakaran

    Baik sebelum kita menginjak pada permasalahan harga dan penyedia, saya akan mencoba mengupas terlebih dahulu Pengertian dan Kegunaan Alat Pemadam Kebakaran. Bila anda bingung seperti apa bentuk alat ini, tentu anda pernah dan sering melihat alat yang tergantung di dinding, berbentuk tabung berwarna merah dan terdapat selang di ujungnya. Bila anda pernah melihat alat seperti yang penulis deskripsikan maka alat tersebut lah yang di maksud dengan alat pemadam kebakaran.

    Nah alat ini berupa tabung yang di dalamnya terdapat serbuk. Warna dari benda umumnya berwarna merah. Nah, serbuk itulah yang memiliki fungsi memadamkan api. Dengan kata lain, alat ini dapat digunakan dimanapun, khususnya tempat tempat yang rawan terjadi kebakaran.

    Jenis-Jenis & Merek Alat Pemadam Kebakaran

    Terdapat banyak jenis dari alat ini, sedikitnya bila dapat dikelompakan maka terdapat 4 jenis. Tentu setiap jenis memiliki fungsi dan kelebihan masing masing. Hal ini untuk apa? Ketika anda ingin membeli anda akan tahu spesifikasi seperti apa dan masing masing kegunaan nya, dan juga anda akan tahu merek apa yang sebaiknya anda beli.

    1. Alat Pemadam Api Ringan (APAR)

    Alat jenis APAR umumnya digunakan untuk peristiwa kebakaran yang ringan atau kecil. Dengan adanya pengukur tekanan ini, anda akan tahu berapa tekanan pada tabung sehingga anda akan lebih mudah mengontrolnya.

    2. Alat Pemadam Kebakaran Portable

    Alat ini berukuran mini, sehingga sangat mudah dan praktis untuk dibawa dan ditempatkan di mana mana. dan karena alasan itulah alat ini disebut portable. Sama halnya dengan jenis yang pertama tadi, bahwa alat ini juga cukup dikendalikan oleh satu orang saja. Alat ini memiliki ukuran yang cukup kecil, yaitu antara 1 hingga 2 kilogram. Dan alat ini hanya bisa digunakan sekali pakai saja. Jika anda telah menggunakannya, maka anda tidak bisa memakainya lagi. Karena alat ini tidak bisa di isi ulang.

    3. Alat Pemadam Kebakaran Thermatic System

    Alat ini merupakan alat otomatis. Jadi ketika terjadi kebakaran diluar sepengetahuan anda, maka alat ini akan bekerja dengan sendirinya. Untuk penempatannya pun juga dapat disesuaikan dengan kondisi ruangan.

    4. Alat pemadam kebakaran berat (Trolley)

    Alat ini dilengkapi dengan roda pada bagian bawah tabungnya. Sehingga mudah untuk di bawa bahkan oleh seorang wanita. Karena ukurannya yang cukup berat, yaitu antara 20 hingga 80 kilogram, maka akan sangat sulit jika alat ini dioperasikan oleh satu orang. Minimal haruslah 2 orang, dan lebih banyak akan lebih baik.

    5. Hydrant

    Alat bernama Hydrant ini sebenarnya bukanlah alat pemadam kebakaran yang dapat di bawa dan diletakkan dalam rumah, melainkan ditempatkan secara outdoor dan tidak bisa dipindahkan kemana mana. Alat ini berfungsi sebagai sumber air, jadi ketika terjadi kebakaran yang dalam level sedang, alat ini cukup membantu. Bila di Tanya merek apa yang harus di pilih, maka merek Fire indo dan Merk Starvvo dapat menjadi opsi terbaik. Kedua merek ini menyediakan berbagai jenis alat pemadam kebakaran portable, umumnya dengan kapasitas 1 – 12 dan bahan yang berbeda.

    Cara Menggunakan Alat Pemadam Kebakaran

    Setelah anda membeli dan mampunyai alat nya, sekarang anda harus tahu Cara Menggunakan Alat Pemadam Kebakaran ini. Kan percuma jika anda punya tapi anda tidak tau cara mengoperasikannya. Karena jika api tidak segera padam, bisa jadi merembet ke tempat lain nya dan berpotensi menjadi kebakaran yang lebih besar. Oleh karena itu cara menggunakan alat ini perlu anda ketahui sebelum anda membelinya. Nah terkait dengan hal tersebut, sebaiknya anda sebisa mungkin tetap tenang dan tidak gupuh sehingga semua proses penggunaan alat ini dan pemadaman api dapat berjalan dengan lancar.

    1. Setiap alat pemadam kebakaran yang tidak pernah digunakan pasti memiliki segel, oleh karena itu pastikan untuk mencabut segelnya terlebih dahulu.

    2. Setelah segel terlepas, langkah selanjutnya adlah menarik tuas yang terdapat pada alat pemadam kebakaran. Penarikan tuas ini ditujukan untuk membuka pengungkit operasi.

    3. Sebelum mulai menyemprotkan bahan pemadam, pastikan untuk mengarahkan selang yang terdapat pada alat pemadam ke arah titik api. Ingat untuk tidak terlalu dekat dengan api, setidaknya jagalah jarak antara 6 – 10 kaki dari sumber api.

    4. Untuk menyemprotkan isi bahan dari alat pemdam kebakaran anda cukup menekan pengungkit tabung tersebut. Pengungkit terletak di ujung atas tabung.

    5. Pastikan untuk menyemprot setiap titik api untuk memastikan semua api padam dan tidak bersisa.

    Harga & Macam Alat Pemadam Kebakaran

    Informasi seputar harga dan macam alat pemadam kebakaran update bulan ini dan tentunya terbaru. Untuk kebutuhan anda pribadi, saya rasa anda cukup untuk membeli dan miliki yang jenis APAR, alat pemadam kebakaran untuk tahapan ringan. yang nantinya dapat anda tempatkan di dalam mobil (untuk yang ukuran 1kg) dan dapat anda tempatkan dirumah untuk yang ukuran (5kg).

    1. Alat pemadam kebakaran ringan (APAR) ukuran 1 kg: Harga Rp300.000
    2. Tabung Pemadam Api CAP. 9 Kg Merek Merdeka Pro, dipasaran anda dapat mendapatkan alat jenis ini dengan range harga 2.000.000 – 3.000.000, tabung ini berisi media gas HCFC ( Hidro – Khloro – Fluoro – Carbon ). Mengapa lebih mahal karena media ini merupakan salah satu media atau bahan yang di anggap cepat memadamkan api dan juga ramah lingkungan dengan kapasitas besar yaitu 9 Kg.
    3. Merek Saverex, harga Rp.260.000 kapasitas tabung Pemadam Api CAP. 3 Kg/li>
    4. Merek Merdeka PRO, harga Rp.775.000 kapasitas Tabung Pemadam Api CAP. 12.

    Penyedia/Jual Alat Pemadam Kebakaran di Nganjuk

    Memiliki sebuah apar di rumah atau kantor anda tentu merupakan sebuah kewajiban, karena kebakaran dapat menimpa siapapun anda dan dimanapun lokasi anda. Penanggulangan kebakaran yang dini akan memperkecil resiko terjadinya kebakaran besar dan kerugian yang besar. Karena saat ini banyak sekali Penyedia/Jual Alat Pemadam Kebakaran yang dapat dijumpai di internet, dengan memiliki toko online dengan memajang produknya lengkap beserta fitur dan harganya.

    Namun jika anda memutuskan untuk membeli secara offline pun juga tidak masalah, karena pada inti dari membeli yaitu anda bisa mendapatkan barang yang berkualitas dan juga harga yang lebih miring.

    Keunggulan & Kekurangan Alat Pemadam Kebakaran

    Berbicara tentang keunggulan dan kekurangan alat pemadam kebakaran, tentu berfokus pada dua hal yaitu memadamkan api secepat mungkin dan sedini mungkin lalu api tidak terpadamkan. Salah satu keunggulan alat ini yaitu dapat digunakan untuk memadamkan api secara darurat yang terjadi di rumah pribadi anda. Kelemahannya yaitu tidak dapat digunakan untuk memadamkan api yang sudah terlanjur membesar.

    Alat pemadam kebakaran memang sangat efektif untuk memadamkan api kecil dan sedang, namun bila sudah membesar maka akan lebih baik untuk segera memanggil petugas pemadam. Demikianlah artikel tentang Pengertian dan Jenis Alat pemadam kebakaran ini. Semoga apa yang saya sampaikan dapat memberikan manfaat, terutama ketika anda mengalami atau melihat adanya kebakaran di sekeliling anda. Tentu saja kita tidak mengharapkan hal tersebut terjadi, dan semoga jangan sampai terjadi. Namun seperti pepatah, bahwa kita harus tetap sedia payung sebelum hujan. Artinya, kita harus menyiapkan segala alat untuk mengantisipasi kemungkinan buruk yang bisa terjadi kapan saja. Jika menurut anda artikel ini berguna, silahkan di share. Terima kasih.