Alat Pemadam Api Ringan (APAR) di Ambon

  • Info Pemesanan?

    Kantor Pemasaran

    Bumi Wonorejo Asri A4 No.03, Surabaya

  • Jenis dan Harga Alat Pemadam Kebakaran Terbaru

    Akhir akhir ini kasus kebakaran semakin meningkat, tidak sedikit kasus yang terjadi akibat keteledoran atau bahkan konsleting listrik. Mengapa saya menulis hal ini karena ini merupakan hal penting. Ya, setiap rumah terutama yang berada berdempet dempetan dengan rumah tetangga, maka alat pemadam kebakaran wajib untuk dimiliki. Tentu setiap keluarga pasti membutuhkan api, khususnya untuk memasak. Tidak jarang terjadinya kebakaran karena keteledoran atau juga bisa di karenakan adanya konsleting listrik. Tentu penanganan yang terlambat akan membuat api membesar dan sudah tidak dapat di kendalikan. Oleh karena itu, penting kiranya untuk memiliki alat pemadam kebakaran di rumah, untuk meminimalisir dan mencegah terjadinya kasus kasus kebakaran.

    Pengertian dan Kegunaan Alat Pemadam Kebakaran

    Pada pembahasan pertama saya akan terlebih dahulu mengulas tentang Pengertian dan Kegunaan Alat Pemadam Kebakaran. Dengan tidak mengenali pengertian dan fungsinya, bisa jadi anda akan menganggap alat ini tidak penting. Padahal alat ini sangat penting sekali. Alat pemadah kebakaran yaitu alat yang berbentuk tabung dimana di dalam nya terdapat serbuk yang dapat memadamkan api. Sedangkan untuk kegunaannya, alat ini hanya digunakan untuk peristiwa kebakaran ringan saja. Alat ini sering digunakan untuk situasi darurat, dan efektif untuk tindakan prefentif atau tindakan pemadaman pertama indikasi kebakaran.

    Jenis-jenis & Merek Alat Pemadam Kebakaran

    Perlu juga untuk anda sekedar pahami sebagai pengetahuan anda tentang Jenis-jenis Alat Pemadam Kebakaran Sehingga anda akan lebih bisa menyesuaikan ketika anda suatu hari nanti anda berencana untuk membeli. Mengetahui jenis jenis dan merek alat pemadam kebakaran ini cukup penting, sehingga anda akan tahu merek mana yang memiliki fitur lebih banyak serta anda juga akan tahu masing masing keunggulan dan kelemahannya. Baik akan saya coba kupas satu persatu;

    1. Alat pemadam kebakaran ringan (APAR)

    Alat ini bisa dikendalikan oleh satu orang. Misal anda melihat peristiwa kebakaran ringan di sekitar anda, anda dapat melakukannya sendiri tanpa bantuan orang lain. APAR termasuk yang ringan di kelasnya, dimana rata rata memiliki berat antara 1 sampai 9 kg.

    2. Alat Pemadam Kebakaran Portable

    Portable berasal dari bahasa Inggris yang artinya kurang lebih, mudah untuk dibawa dan digunakan alias memiliki ukuran yang praktis. Karena alat ini dapat di bawa ke mana mana tentu kapasitas dan berat dari alat pemadam api ini cukup ringan, umumnya di pasaran beredar berat 1 – 2 kg saja. Seperti yang penulis tuliskan sebelumnya, bila kebakaran di atasi sejak awal saat api masih kecil atau sedang maka penggunaan alat portable sudah sangat mampu mencegah terjadinya kebakaran. Harga alat ini juga sangat terjangkau, meskipun masih bergantung pada kapasitas yang anda inginkan.

    3. Alat Pemadam Kebakaran Thermatic System

    Thermatic merupakan alat yang dapat berjalan secara otomatis tanpa harus dioperasikan. Jadi ketika anda bepergian keluar rumah pun, rumah anda akan lebih aman karena penjagaan dari alat ini.

    4. Alat pemadam kebakaran berat (Trolley)

    Jenis ini berbeda dengan apar, karena trolley di tujukan sebagai alat pemadam api berat. Umumnya tabung nya memiliki roda, tentu tujuannya untuk memudahkan membawanya. Alat jenis ini memiliki kapasitas lebih besar di bandingkan apar, umumnya antara 20 – 80 Kg. Untuk peng operasiannya pun harus di lakukan oleh 2 orang. Karena ukurannya yang cukup berat, yaitu antara 20 hingga 80 kilogram, maka akan sangat sulit jika alat ini dioperasikan oleh satu orang. Minimal haruslah 2 orang, dan lebih banyak akan lebih baik.

    5. Hydrant

    Alat ini sebenarnya bukanlah alat pemadam kebakaran yang dapat di bawa dan diletakkan dalam rumah, melainkan ditempatkan secara outdoor dan tidak bisa dipindahkan kemana mana. Alat ini berfungsi sebagai sumber air, jadi ketika terjadi kebakaran yang dalam level sedang, alat ini cukup membantu. Sedangkan untuk merek merek alat pemadam kebakaran saat ini sangat banyak sekali, baik yang berupa produk impor maupun produk lokal. Merek merek tersebut antara lain; Fire Indo, Yamato, Hatsuta, Viking, Saverex, Servvo, Sonick, Eversafe, Chubb, Gunebo, Alpindo, Altex, Solengan, Hartindo.

    Cara Menggunakan Alat Pemadam Kebakaran

    Baik inilah inti pokok dari pembahasan kita kali ini, yaitu Cara Menggunakan Alat Pemadam Kebakaran . Saya sangat menghimbau kepada anda, bahwa dalam menggunakan alat ini sebaiknya digunakan secara berhati hati dan harus sesuai dengan prosedur yang saya paparkan berikut ini. Cara ini untuk Alat pemadam kebakaran jenis APAR, karena umumnya jenis apar lah yang banyak digunakan dan di miliki masyarakat Indonesia. Berikut langkah langkahnya:

      1. Pertama tama, anda harus melepas pin pengunci tuas yang terdapat pada tabung dengan cara menariknya.

     

      1. Jika pin sudah terlepas, maka selanjutnya yaitu arahkan selang ke titik api/titik kebaran

     

      1. Tekan tuas yang terdapat pada tabung (seperti menekan tang) hingga isi/serbuk dalam tabung keluar.

     

    1. Terus fokus dan arahkan selang pemadam pada titik api, jika perlu lakukan secara merata hingga api benar benar padam.

    Harga & Macam Alat Pemadam Kebakaran

    Harga apar memang sangat beragam, dan nominal harga tentu di pengaruhi dari media dan kapasitas dari apar itu sendiri. Umumnya semakin besar kapasitas maka semakin mahal pula harga apar tersebut. Harga yang saya cantumkan disini dapat anda gunakan sebagai referensi atau patokan.

    1. Alat pemadam kebakaran ringan (APAR) ukuran 5 kg: Harga Rp1.300.000
    2. Tabung Pemadam Api CAP. 9 Kg Merek Merdeka Pro, dipasaran anda dapat mendapatkan alat jenis ini dengan range harga 2.000.000 – 3.000.000, tabung ini berisi media gas HCFC ( Hidro – Khloro – Fluoro – Carbon ). Mengapa lebih mahal karena media ini merupakan salah satu media atau bahan yang di anggap cepat memadamkan api dan juga ramah lingkungan dengan kapasitas besar yaitu 9 Kg.
    3. Merek Saverex, harga Rp.410.000 kapasitas tabung Pemadam Api CAP. 6 Kg/li>
    4. Merek Merdeka PRO, harga Rp.775.000 kapasitas Tabung Pemadam Api CAP. 12.

    Penyedia/Jual Alat Pemadam Kebakaran

    Penyedia/Jual Alat Pemadam Kebakaran

    Memiliki sebuah apar di rumah atau kantor anda tentu merupakan sebuah kewajiban, karena kebakaran dapat menimpa siapapun anda dan dimanapun lokasi anda. Penanggulangan kebakaran yang dini akan memperkecil resiko terjadinya kebakaran besar dan kerugian yang besar. Jika anda berniat ingin membelinya secara online, maka anda tidak perlu repot repot angkut angkut barang tersebut, karena pihak penjual akan mengantarkan nya secara online. Situs kami memberikan penawaran harga apar yang sangat terjangkau dan tentu dengan kualitas terbaik. Sudah di percaya oleh banyak konsumen dan telah membantu banyak konsumen dalam penanggulangan atau pencegahan terjadinya kebakaran. Pastikan anda memiliki apar saat ini juga sebelum api yang mendahului anda.

    Keunggulan & Kekurangan Alat Pemadam Kebakaran

    Berbicara tentang keunggulan dan kekurangan alat pemadam kebakaran, tentu berfokus pada dua hal yaitu memadamkan api secepat mungkin dan sedini mungkin lalu api tidak terpadamkan. Bila kebakaran di atasi sejak dini maka tentu akan sangat mengurangi resiko terjadinya kebakaran yang lebih besar. Kekurangan dari alat pemadam kebakaran adlaah bila sudah terjadi kebakaran besar karena terlambat penanganan dari anda maka alat ini tidak akan membantu banyak. Namun kelemahannya, alat ini tidak dapat digunakan untuk menghentikan kobaran api yang sudah terlanjur membesar. Jika anda melihat api yang sudah besar dan membara, jangan gunakan alat ini karena dapat membahayakan keselamatan anda sendiri. Hubungi pihak pemadam kebakaran melalui telefon dan meminta bantuan tetangga terdekat anda. Cukup signifikan bukan peran alat ini, oleh karena itu pastikan anda menjaga keluarga andadengan mencegah kebakaran dengan menggunakan alat pemadam kebakaran.