Alat Pemadam Api Ringan (APAR) di Balikpapan

  • distributordis@gmail.com
    Kantor Pemasaran

    Bumi Wonorejo Asri A4 No.03, Surabaya

  • Harga dan Penyedia Alat Pemadam Kebakaran

    Pada kesempatan kali ini saya akan mengulas tentang Pengertian dan jenis jenis alat pemadam kebakaran. Setiap rumah atau gedung harusnya memiliki alat pemadam kebakaran. Kebakaran memang dapat mengancam siapapun anda, tidak jarang karena sedikit keteledoran terhadap api menyebabkan kebakaran di sekitar anda. Karena api yang membesar disebabkan dari pergerakan api yang kecil awalnya. Jika api sudah terlanjur membesar maka akan semakin sulit untuk di padamkan. Nah, apabila di rumah anda belum ada alat pemadam kebakaran, sebaiknya anda siapkan mulai dari sekarang.

    Pengertian dan Kegunaan Alat Pemadam Kebakaran

    Topik bahasan pertama kita adalah mengenalkan terlebih dahulu pengertian dan keguaan dari alat pemadam kebakaran ini. Pengertian alat ini adalah sebuah alat yang berbentuk tabung pada umumnya dan berisi bahan pemadam api. Beberapa bahan yang terkandung pada alat ini seperti CO2, Dry Chemical Powder dan bahan lainnya. Secara harfiah, pengertian dari alat pemadam kebakaran adalah alat perlindungan dari kebakaran yang ditujukan tentunya untuk memadamkan api dan kebakaran kecil. Alat ini sering digunakan untuk situasi darurat, dan efektif untuk tindakan prefentif atau tindakan pemadaman pertama indikasi kebakaran.

    Jenis-jenis & Merek Alat Pemadam Kebakaran

    Berbicara tentang jenis jenis alat pemadam kebakaran maka akan lebih baik kita fokuskan pada alat pemadam kebakaran portable. Mengapa portable? Karena jenis ini lah yang paling cocok untuk digunakan setiap masyarakat Indonesia. Mengetahui jenis jenis dan merek alat pemadam kebakaran ini cukup penting, sehingga anda akan tahu merek mana yang memiliki fitur lebih banyak serta anda juga akan tahu masing masing keunggulan dan kelemahannya. Baik akan saya coba kupas satu persatu;

    1. Alat pemadam kebakaran ringan (APAR)

    Jenis alat ini mungkin yang paling mudah untuk di operasikan dan dapat digunakan oleh satu orang. APAR termasuk yang ringan di kelasnya, dimana rata rata memiliki berat antara 1 sampai 9 kg.

    2. Alat Pemadam Kebakaran Portable

    Jenis alat yang satu ini cukup uniqe di banding dengan yang lainnya, karena alat ini dapat di bawa ke mana mana, dan cukup mudah untuk di operasikan sehingga dapat di gunakan meskipun anda sendirian. Sama halnya dengan jenis yang pertama tadi, bahwa alat ini juga cukup dikendalikan oleh satu orang saja. Alat ini memiliki ukuran yang cukup kecil, yaitu antara 1 hingga 2 kilogram. Seperti yang penulis tuliskan sebelumnya, bila kebakaran di atasi sejak awal saat api masih kecil atau sedang maka penggunaan alat portable sudah sangat mampu mencegah terjadinya kebakaran. Harga alat ini juga sangat terjangkau, meskipun masih bergantung pada kapasitas yang anda inginkan.

    3. Alat Pemadam Kebakaran Thermatic System

    Thermatic merupakan alat yang dapat berjalan secara otomatis tanpa harus dioperasikan. Untuk penempatannya pun juga dapat disesuaikan dengan kondisi ruangan.

    4. Alat pemadam kebakaran berat (Trolley)

    Alat ini dilengkapi dengan roda pada bagian bawah tabungnya. Sehingga mudah untuk di bawa bahkan oleh seorang wanita. Karena ukurannya yang cukup berat, yaitu antara 20 hingga 80 kilogram, maka akan sangat sulit jika alat ini dioperasikan oleh satu orang. Minimal haruslah 2 orang, dan lebih banyak akan lebih baik.

    5. Hydrant

    Hydrant merupakan suatu alat dimana didalam nya terdapat air. Alat ini biasanya ditempatkan di trotoar, sehingga ketika ada kebakaran di area tempat tersebut, orang tidak lagi kesulitan untuk mencari air. Untuk penempatannya, alat ini biasanya diletakkan di pinggir jalan di tempat tempat umum yang rawan akan terjadi kebakaran seperti di pasar dan tempat ramai lain nya.

    Cara Menggunakan Alat Pemadam Kebakaran

    Baik inilah inti pokok dari pembahasan kita kali ini, yaitu Cara Menggunakan Alat Pemadam Kebakaran . Saya sangat menghimbau kepada anda, bahwa dalam menggunakan alat ini sebaiknya digunakan secara berhati hati dan harus sesuai dengan prosedur yang saya paparkan berikut ini. Cara ini untuk Alat pemadam kebakaran jenis APAR, karena umumnya jenis apar lah yang banyak digunakan dan di miliki masyarakat Indonesia. Nah terkait dengan hal tersebut, sebaiknya anda sebisa mungkin tetap tenang dan tidak gupuh sehingga semua proses penggunaan alat ini dan pemadaman api dapat berjalan dengan lancar.

      1. Setiap alat pemadam kebakaran yang tidak pernah digunakan pasti memiliki segel, oleh karena itu pastikan untuk mencabut segelnya terlebih dahulu.

     

      1. Setelah segel terlepas, langkah selanjutnya adlah menarik tuas yang terdapat pada alat pemadam kebakaran. Penarikan tuas ini ditujukan untuk membuka pengungkit operasi.

     

      1. Sebelum mulai menyemprotkan bahan pemadam, pastikan untuk mengarahkan selang yang terdapat pada alat pemadam ke arah titik api. Ingat untuk tidak terlalu dekat dengan api, setidaknya jagalah jarak antara 6 – 10 kaki dari sumber api.

     

      1. Untuk menyemprotkan isi bahan dari alat pemdam kebakaran anda cukup menekan pengungkit tabung tersebut. Pengungkit terletak di ujung atas tabung.

     

    1. Pastikan untuk menyemprot setiap titik api untuk memastikan semua api padam dan tidak bersisa.

    Harga & Macam Alat Pemadam Kebakaran

    Harga alat pemadam kebakaran sangat di pengaruhi oleh besar kapasitas dan bahan yang digunakan. Harga yang saya cantumkan disini dapat anda gunakan sebagai referensi atau patokan.

    1. Alat pemadam kebakaran ringan (APAR) ukuran 5 kg: Harga Rp1.300.000
    2. Alat Pemadam Api Newvo 5 Kg, dipasaran harga untuk jenis ini antara Rp.1.000.000 – 2.000.000, namun anda sudah mendapatkan yang terbaik di kelasnya.Alat jenis ini sudah menggunakan bahan ABC Dry Chemical Powder dengan kapasitas 5 Kg.
    3. Merek Saverex, harga Rp.260.000 kapasitas tabung Pemadam Api CAP. 3 Kg/li>
    4. Merek Merdeka PRO, harga Rp.775.000 kapasitas Tabung Pemadam Api CAP. 12.

    Penyedia/Jual Alat Pemadam Kebakaran

    Hydrant

    Kesadaran akan pentingnya penanggulangan kebakaran sejak dini sangat lah dibutuhkan, salah satu cara untuk mencegah terjadinya kebakaran tentu memadamkan api sejak kicil. Mencegah api berkobar yang paling akurat saat ini tentu dengan penggunaan alat pemadam kebakaran. Jika anda berniat ingin membelinya secara online, maka anda tidak perlu repot repot angkut angkut barang tersebut, karena pihak penjual akan mengantarkan nya secara online. Situs kami memberikan penawaran harga apar yang sangat terjangkau dan tentu dengan kualitas terbaik. Sudah di percaya oleh banyak konsumen dan telah membantu banyak konsumen dalam penanggulangan atau pencegahan terjadinya kebakaran. Pastikan anda memiliki apar saat ini juga sebelum api yang mendahului anda.

    Keunggulan & Kekurangan Alat Pemadam Kebakaran

    Keunggulan & Kekurangan Alat Pemadam Kebakaran pasti selalu ada. Bukan hanya alat ini saja, melainkan semua alat di dunia ini pasti memiliki keunggulan dan kekurangan masing masing. Salah satu keunggulan alat ini yaitu dapat digunakan untuk memadamkan api secara darurat yang terjadi di rumah pribadi anda. Kelemahannya yaitu tidak dapat digunakan untuk memadamkan api yang sudah terlanjur membesar. Namun kelemahannya, alat ini tidak dapat digunakan untuk menghentikan kobaran api yang sudah terlanjur membesar. Jika anda melihat api yang sudah besar dan membara, jangan gunakan alat ini karena dapat membahayakan keselamatan anda sendiri. Hubungi pihak pemadam kebakaran melalui telefon dan meminta bantuan tetangga terdekat anda. Cukup signifikan bukan peran alat ini, oleh karena itu pastikan anda menjaga keluarga andadengan mencegah kebakaran dengan menggunakan alat pemadam kebakaran.