Alat Pemadam Api Ringan (APAR) di Bitung

  • Info Pemesanan?

    Kantor Pemasaran

    Bumi Wonorejo Asri A4 No.03, Surabaya

  • Pengertian dan Jenis – Jenis Alat Pemadam Kebakaran

    Akhir akhir ini kasus kebakaran semakin meningkat, tidak sedikit kasus yang terjadi akibat keteledoran atau bahkan konsleting listrik. Hal ini digunakan untuk mengantisipasi apabila terjadi kebakaran yang membabib buta dalam rumah atau dalam gedung tersebut. Meskipun hal ini terlihat sepele, namun hendaknya tidak di sepelekan. Artikel kali ini akan berfokus pada alat pemadam kebakaran, yang merupakan sebuah alat yang mempu mencegah terjadinya kebakaran dan juga menangani kebakaran yang telah terjadi. Alat ini sebenarnya sangat umum digunakan, bahkan mungkin masing masing dari kita sudah pernah melihatnya. Nah, apabila di rumah anda belum ada alat pemadam kebakaran, sebaiknya anda siapkan mulai dari sekarang.

    Pengertian dan Kegunaan Alat Pemadam Kebakaran

    Sebelum menginjak pada masalah penggunaan, ada baiknya anda lebih dulu tahu akan Pengertian dan Kegunaan Alat Pemadam Kebakaran. Bila anda bingung seperti apa bentuk alat ini, tentu anda pernah dan sering melihat alat yang tergantung di dinding, berbentuk tabung berwarna merah dan terdapat selang di ujungnya. Bila anda pernah melihat alat seperti yang penulis deskripsikan maka alat tersebut lah yang di maksud dengan alat pemadam kebakaran. Nah alat ini berupa tabung yang di dalamnya terdapat serbuk. Warna dari benda umumnya berwarna merah. Nah, serbuk itulah yang memiliki fungsi memadamkan api. Dengan kata lain, alat ini dapat digunakan dimanapun, khususnya tempat tempat yang rawan terjadi kebakaran.

    Jenis-jenis & Merek Alat Pemadam Kebakaran

    Pada bahasan yang kedua saya akan membahas dan menjelaskan kepada anda tentang Jenis-jenis & Merek Alat Pemadam Kebakaran. Mengetahui jenis jenis dan merek alat pemadam kebakaran ini cukup penting, sehingga anda akan tahu merek mana yang memiliki fitur lebih banyak serta anda juga akan tahu masing masing keunggulan dan kelemahannya. Baik akan saya coba kupas satu persatu;

    1. Alat pemadam kebakaran ringan (APAR)

    Jenis alat ini mungkin yang paling mudah untuk di operasikan dan dapat digunakan oleh satu orang. APAR termasuk yang ringan di kelasnya, dimana rata rata memiliki berat antara 1 sampai 9 kg.

    2. Alat Pemadam Kebakaran Portable

    Jenis alat yang satu ini cukup uniqe di banding dengan yang lainnya, karena alat ini dapat di bawa ke mana mana, dan cukup mudah untuk di operasikan sehingga dapat di gunakan meskipun anda sendirian. Karena alat ini dapat di bawa ke mana mana tentu kapasitas dan berat dari alat pemadam api ini cukup ringan, umumnya di pasaran beredar berat 1 – 2 kg saja. Alat jenis ini juga sangat cocok untuk di letakkan di dapur rumah, atau dapur tempat kerja anda.

    3. Alat Pemadam Kebakaran Thermatic System

    Alat ini merupakan alat otomatis. Jadi ketika terjadi kebakaran diluar sepengetahuan anda, maka alat ini akan bekerja dengan sendirinya. Jadi ketika anda bepergian keluar rumah pun, rumah anda akan lebih aman karena penjagaan dari alat ini.

    4. Alat pemadam kebakaran berat (Trolley)

    Trolley merupakan alat pemadam yang memiliki roda. Karena ukurannya yang cukup berat, yaitu antara 20 hingga 80 kilogram, maka akan sangat sulit jika alat ini dioperasikan oleh satu orang. Minimal haruslah 2 orang, dan lebih banyak akan lebih baik.

    5. Hydrant

    Alat ini sebenarnya bukanlah alat pemadam kebakaran yang dapat di bawa dan diletakkan dalam rumah, melainkan ditempatkan secara outdoor dan tidak bisa dipindahkan kemana mana. Alat ini berfungsi sebagai sumber air, jadi ketika terjadi kebakaran yang dalam level sedang, alat ini cukup membantu. Bila di Tanya merek apa yang harus di pilih, maka merek Fire indo dan Merk Starvvo dapat menjadi opsi terbaik. Kedua merek ini menyediakan berbagai jenis alat pemadam kebakaran portable, umumnya dengan kapasitas 1 – 12 dan bahan yang berbeda.

    Cara Menggunakan Alat Pemadam Kebakaran

    Baik inilah inti pokok dari pembahasan kita kali ini, yaitu Cara Menggunakan Alat Pemadam Kebakaran . Saya sangat menghimbau kepada anda, bahwa dalam menggunakan alat ini sebaiknya digunakan secara berhati hati dan harus sesuai dengan prosedur yang saya paparkan berikut ini. Karena jika api tidak segera padam, bisa jadi merembet ke tempat lain nya dan berpotensi menjadi kebakaran yang lebih besar. Oleh karena itu cara menggunakan alat ini perlu anda ketahui sebelum anda membelinya. Nah terkait dengan hal tersebut, sebaiknya anda sebisa mungkin tetap tenang dan tidak gupuh sehingga semua proses penggunaan alat ini dan pemadaman api dapat berjalan dengan lancar.

      1. Pastikan anda tahu terlebih dahulu dari masing masing fungsi yang ada pada tabung pemadam.

     

      1. Langkah pertama yaitu menarik pin pengunci tuas. Jika anda tidak menarik pin tersebut maka pin akan tetap terkunji sehingga tidak bisa ditekan.

     

      1. Setelah pin anda tarik, maka secara otomatis tuas akan berfungsi dan dapat anda tekan. Namun dalam tahap ini jangan tekan tuasnya dahulu, akan tetapi arahkan selang yang ada pada tabung ke sumber api.

     

    1. Setelah anda mengarahkan selang tepat ke titik api, barulah anda tekan tuas tadi sehingga akan keluar serbuk yang ada dalam tabung. Semprotkan hingga merata, sampi api benar benar padam.

    Harga & Macam Alat Pemadam Kebakaran

    Harga alat pemadam kebakaran sangat di pengaruhi oleh besar kapasitas dan bahan yang digunakan. Untuk ulasan ini kita akan memberikan pricelist atau daftar harga untuk macam alat pemadam kebakaran jenis apar.

    1. Alat pemadam kebakaran ringan (APAR) ukuran 5 kg: Harga Rp1.300.000
    2. Alat Pemadam Api Newvo 5 Kg, dipasaran harga untuk jenis ini antara Rp.1.000.000 – 2.000.000, namun anda sudah mendapatkan yang terbaik di kelasnya.Alat jenis ini sudah menggunakan bahan ABC Dry Chemical Powder dengan kapasitas 5 Kg.
    3. Merek Saverex, harga Rp.410.000 kapasitas tabung Pemadam Api CAP. 6 Kg/li>
    4. Merek Merdeka PRO, harga Rp.775.000 kapasitas Tabung Pemadam Api CAP. 12.

    Penyedia/Jual Alat Pemadam Kebakaran

    Cara Menggunakan Alat Pemadam Kebakaran

    Sedangkan jika anda sedang mencara Penyedia/Jual Alat Pemadam Kebakaran, anda dapat membelinya secara online maupun di toko peralatan terdekat dengan rumah anda. Karena saat ini banyak sekali Penyedia/Jual Alat Pemadam Kebakaran yang dapat dijumpai di internet, dengan memiliki toko online dengan memajang produknya lengkap beserta fitur dan harganya. Namun jika anda memutuskan untuk membeli secara offline pun juga tidak masalah, karena pada inti dari membeli yaitu anda bisa mendapatkan barang yang berkualitas dan juga harga yang lebih miring.

    Keunggulan & Kekurangan Alat Pemadam Kebakaran

    Keunggulan & Kekurangan Alat Pemadam Kebakaran pasti selalu ada. Bukan hanya alat ini saja, melainkan semua alat di dunia ini pasti memiliki keunggulan dan kekurangan masing masing. Bila kebakaran di atasi sejak dini maka tentu akan sangat mengurangi resiko terjadinya kebakaran yang lebih besar. Kekurangan dari alat pemadam kebakaran adlaah bila sudah terjadi kebakaran besar karena terlambat penanganan dari anda maka alat ini tidak akan membantu banyak. Oleh karena itu memadamkan sejak api kecil sangat penting kiranya, untuk melakukan ini alat pemadam kebakaran portable memiliki keunggulan terbaik dalam hal ini. Cukup signifikan bukan peran alat ini, oleh karena itu pastikan anda menjaga keluarga andadengan mencegah kebakaran dengan menggunakan alat pemadam kebakaran.