Alat Pemadam Api Ringan (APAR) di Tangerang Selatan

  • Info Pemesanan?

    Kantor Pemasaran

    Bumi Wonorejo Asri A4 No.03, Surabaya

  • Pengertian dan Jenis – Jenis Alat Pemadam Kebakaran

    Kesadaran masyarakat tentang bahaya kebakaran semakin meningkat, hal ini di tunjukan dengan semakin tingginya permintaan pasar terhadap jenis alat ini. Pokok bahasan ini sangat penting, dan siapapun baik pria dan wanita harus bisa melakukannya. Karena kebakaran bisa saja terjadi dimana saja dan kapan saja. Prosedur yang saya berikan ini merupkan prosuder yang sesuai dengan standar nasional. Selain membahas tentang cara penggunaan, pada artikel ini saya juga akan menyelipkan tentang hal hal lain terkait dengan alat pemadam kebakaran seperti pengertian, kegunaan, jenis, merek, penyedia, kelebihan kekurangan dan lain lain. Alat pemadam kebakaran ini ada banyak jenis dan manfaatnya, setiap merek dan jenis memiliki fungsi dan kapasitas kemampuan pemadamannya. Untuk detail seputar alat ini, pastikan untuk membaca hingga akhir.

    Pengertian dan Kegunaan Alat Pemadam Kebakaran

    Topik bahasan pertama kita adalah mengenalkan terlebih dahulu pengertian dan keguaan dari alat pemadam kebakaran ini. Pengertian alat ini adalah sebuah alat yang berbentuk tabung pada umumnya dan berisi bahan pemadam api. Beberapa bahan yang terkandung pada alat ini seperti CO2, Dry Chemical Powder dan bahan lainnya. Alat pemadah kebakaran yaitu alat yang berbentuk tabung dimana di dalam nya terdapat serbuk yang dapat memadamkan api. Sedangkan untuk kegunaannya, alat ini hanya digunakan untuk peristiwa kebakaran ringan saja. Alat ini sering digunakan untuk situasi darurat, dan efektif untuk tindakan prefentif atau tindakan pemadaman pertama indikasi kebakaran.

    Jenis-jenis & Merek Alat Pemadam Kebakaran

    Alat pemadam kebakaran ringan (APAR)

    Terdapat banyak jenis dari alat ini, sedikitnya bila dapat dikelompakan maka terdapat 4 jenis. Tentu setiap jenis memiliki fungsi dan kelebihan masing masing. Hal ini untuk apa? Ketika anda ingin membeli anda akan tahu spesifikasi seperti apa dan masing masing kegunaan nya, dan juga anda akan tahu merek apa yang sebaiknya anda beli.

    1. Alat pemadam kebakaran ringan (APAR)

    Alat ini bisa dikendalikan oleh satu orang. Misal anda melihat peristiwa kebakaran ringan di sekitar anda, anda dapat melakukannya sendiri tanpa bantuan orang lain. Artinya, dalam mengoperasikan alat ini anda tidak membbutuhkan bantuan orang lain. Akan tetapi untuk memadamkan api tentu saja apabila ada bantuan orang lain akan lebih baik.

    2. Alat Pemadam Kebakaran Portable

    Alat ini berukuran mini, sehingga sangat mudah dan praktis untuk dibawa dan ditempatkan di mana mana. Dan karena alasan itulah alat ini disebut portable. Sama halnya dengan jenis yang pertama tadi, bahwa alat ini juga cukup dikendalikan oleh satu orang saja. Alat ini memiliki ukuran yang cukup kecil, yaitu antara 1 hingga 2 kilogram. Dan alat ini hanya bisa digunakan sekali pakai saja. Jika anda telah menggunakannya, maka anda tidak bisa memakainya lagi. Karena alat ini tidak bisa di isi ulang.

    3. Alat Pemadam Kebakaran Thermatic System

    Alat ini cukup canggih, bagaimana tidak, alat ini dapat memadamkan api tanpa harus dioperasikan. Ketika terdapat asap yang disebabkan oleh asap yang terbakar, maka alat ini akan otomatis memadamkannya. Jadi ketika anda bepergian keluar rumah pun, rumah anda akan lebih aman karena penjagaan dari alat ini.

    4. Alat pemadam kebakaran berat (Trolley)

    Jenis ini berbeda dengan apar, karena trolley di tujukan sebagai alat pemadam api berat. Umumnya tabung nya memiliki roda, tentu tujuannya untuk memudahkan membawanya. Alat jenis ini memiliki kapasitas lebih besar di bandingkan apar, umumnya antara 20 – 80 Kg. Untuk peng operasiannya pun harus di lakukan oleh 2 orang. Karena anda tidak perlu mengangkatnya, tetapi anda bisa dengan menggelindingkannya. Selain terdapat roda, pada alat ini juga terdapat alat pengatur tekanan gas CO2 dan gas N2.

    5. Hydrant

    Hydrant merupakan suatu alat dimana didalam nya terdapat air. Alat ini biasanya ditempatkan di trotoar, sehingga ketika ada kebakaran di area tempat tersebut, orang tidak lagi kesulitan untuk mencari air. Sedangkan untuk merek merek alat pemadam kebakaran saat ini sangat banyak sekali, baik yang berupa produk impor maupun produk lokal. Merek merek tersebut antara lain; Fire Indo, Yamato, Hatsuta, Viking, Saverex, Servvo, Sonick, Eversafe, Chubb, Gunebo, Alpindo, Altex, Solengan, Hartindo.

    Cara Menggunakan Alat Pemadam Kebakaran

    Punya alat pemadam kebakaran namun tidak tahu cara penggunaannya, tidak perlu kawatir. Karena pada topik bahasan ini, kita akan mengulas seputar cara menggunakan alat pemadam kebakaran yang baik dan benar. Penggunaan alat ini sebenarnya cukup simpel. Nanum terkadang dalam keadaan ‘gupuh’ hal yang sebenarnya mudah bisa jadi salah. Untuk dapat menggunakan alat pemadam kebakaran portable pastikan anda mengikuti 5 panduan ini ;

    • Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah mencabut segel lalu menarik tuas penahan apar.
    • Lalu pastikan untuk mengarahkan selang alat pemadam ke titik api, dan yang terpenting pastikan anda untuk tidak terlalu dekat dengan sumber api. Jarak minimal adalah 6 hingga 10 kaki.
    • Setelah syarat di atas di penuhi, tekan pengungkit untuk mengeluarkan isi dari tabung pemadam kebakaran tersebut.
    • Untuk memastikan setiap titik api padam, anda dapat mengarahkan selang dari satu sisi ke sisi lainnya, semisal dari sisi kiri ayunkan ke kanan dan ulangi terus hingga setiap titik api benar benar padam.

    Harga & Macam Alat Pemadam Kebakaran

    Harga apar memang sangat beragam, dan nominal harga tentu di pengaruhi dari media dan kapasitas dari apar itu sendiri. Umumnya semakin besar kapasitas maka semakin mahal pula harga apar tersebut. Harga yang saya cantumkan disini dapat anda gunakan sebagai referensi atau patokan.

    1. Alat pemadam kebakaran ringan (APAR) ukuran 5 kg: Harga Rp1.300.000
    2. Alat Pemadam Api Newvo 5 Kg, dipasaran harga untuk jenis ini antara Rp.1.000.000 – 2.000.000, namun anda sudah mendapatkan yang terbaik di kelasnya.Alat jenis ini sudah menggunakan bahan ABC Dry Chemical Powder dengan kapasitas 5 Kg.
    3. Merek Saverex, harga Rp.410.000 kapasitas tabung Pemadam Api CAP. 6 Kg
    4. Merek Merdeka PRO, harga Rp.775.000 kapasitas Tabung Pemadam Api CAP. 12.

    Penyedia/Jual Alat Pemadam Kebakaran

    Jenis-jenis & Merek Alat Pemadam Kebakaran

    Menginvestasikan sedikit dana anda untuk keselamatan dari kebakaran tentu bukan hal yang mahal. Memiliki setidaknya satu alat pemadam kebakaran di rumah anda merupakan sebuah pilihan yang bijak. Bisa anda bayangkan berapa kehilangan atau kerugian yang mungkin akan anda derita bila terjadi kebakaran besar. Namun jika anda memutuskan untuk membeli secara offline pun juga tidak masalah, karena pada inti dari membeli yaitu anda bisa mendapatkan barang yang berkualitas dan juga harga yang lebih miring.

    Keunggulan & Kekurangan Alat Pemadam Kebakaran

    Alat pemadam kebakaran tentu memiliki keunggulan dan kekurangan, salah satu keunggulan terbaik yang menjadi alasan utama mengapa setiap keluarga harus memiliki ini adalah untuk mencegah terjadinya kebakaran. Bila kebakaran di atasi sejak dini maka tentu akan sangat mengurangi resiko terjadinya kebakaran yang lebih besar. Kekurangan dari alat pemadam kebakaran adlaah bila sudah terjadi kebakaran besar karena terlambat penanganan dari anda maka alat ini tidak akan membantu banyak. Oleh karena itu memadamkan sejak api kecil sangat penting kiranya, untuk melakukan ini alat pemadam kebakaran portable memiliki keunggulan terbaik dalam hal ini. Dengan membaca artikel ini, kini anda sudah tidak bingung lagi, sebaliknya anda sudah semakin paham tentang harga dan penyedia alat pemadam kebakaran, sehingga anda semakin yakin ketika suatu saat anda hendak membelinya. Jika artikel ini menurut anda berguna, saya mohon anda bersedia untuk meluangkan waktu anda untuk membagikan artikel ini kepada orang orang terdekat anda, sehingga mereka juga akan memiliki wawasan yang sama dengan anda. Terimakasih.