Alat Pemadam Api Ringan (APAR) di Tangerang

  • Info Pemesanan?

    Kantor Pemasaran

    Bumi Wonorejo Asri A4 No.03, Surabaya

  • Informasi Seputar Alat Pemadam Kebakaran

    Kesadaran masyarakat tentang bahaya kebakaran semakin meningkat, hal ini di tunjukan dengan semakin tingginya permintaan pasar terhadap jenis alat ini. Pokok bahasan ini sangat penting, dan siapapun baik pria dan wanita harus bisa melakukannya. Karena kebakaran bisa saja terjadi dimana saja dan kapan saja. Prosedur yang saya berikan ini merupkan prosuder yang sesuai dengan standar nasional. Terkadang apabila terjadi pemadaman kecil di sebuah rumah, air saja tidaklah cukup untuk menghentikan, dan harus menggunakan alat ini. Alat ini sangat berfungsi untuk mengatasi kebakaran yang disebabkan karena gas yang meledak. Nah, apabila di rumah anda belum ada alat pemadam kebakaran, sebaiknya anda siapkan mulai dari sekarang.

    Pengertian dan Kegunaan Alat Pemadam Kebakaran

    Pada pembahasan pertama saya akan terlebih dahulu mengulas tentang Pengertian dan Kegunaan Alat Pemadam Kebakaran. Bila anda bingung seperti apa bentuk alat ini, tentu anda pernah dan sering melihat alat yang tergantung di dinding, berbentuk tabung berwarna merah dan terdapat selang di ujungnya. Bila anda pernah melihat alat seperti yang penulis deskripsikan maka alat tersebut lah yang di maksud dengan alat pemadam kebakaran. Alat pemadah kebakaran yaitu alat yang berbentuk tabung dimana di dalam nya terdapat serbuk yang dapat memadamkan api. Sedangkan untuk kegunaannya, alat ini hanya digunakan untuk peristiwa kebakaran ringan saja. Alat ini sering digunakan untuk situasi darurat, dan efektif untuk tindakan prefentif atau tindakan pemadaman pertama indikasi kebakaran.

    Jenis-jenis & Merek Alat Pemadam Kebakaran

    Alat pemadam kebakaran ringan (APAR)

    Terdapat banyak jenis dari alat ini, sedikitnya bila dapat dikelompakan maka terdapat 4 jenis. Tentu setiap jenis memiliki fungsi dan kelebihan masing masing. Hal ini untuk apa? Ketika anda ingin membeli anda akan tahu spesifikasi seperti apa dan masing masing kegunaan nya, dan juga anda akan tahu merek apa yang sebaiknya anda beli.

    1. Alat pemadam kebakaran ringan (APAR)

    Jenis alat ini mungkin yang paling mudah untuk di operasikan dan dapat digunakan oleh satu orang. APAR termasuk yang ringan di kelasnya, dimana rata rata memiliki berat antara 1 sampai 9 kg.

    2. Alat Pemadam Kebakaran Portable

    Portable berasal dari bahasa Inggris yang artinya kurang lebih, mudah untuk dibawa dan digunakan alias memiliki ukuran yang praktis. Karena alat ini dapat di bawa ke mana mana tentu kapasitas dan berat dari alat pemadam api ini cukup ringan, umumnya di pasaran beredar berat 1 – 2 kg saja. Seperti yang penulis tuliskan sebelumnya, bila kebakaran di atasi sejak awal saat api masih kecil atau sedang maka penggunaan alat portable sudah sangat mampu mencegah terjadinya kebakaran. Harga alat ini juga sangat terjangkau, meskipun masih bergantung pada kapasitas yang anda inginkan.

    3. Alat Pemadam Kebakaran Thermatic System

    Thermatic merupakan alat yang dapat berjalan secara otomatis tanpa harus dioperasikan. Untuk penempatannya pun juga dapat disesuaikan dengan kondisi ruangan.

    4. Alat pemadam kebakaran berat (Trolley)

    Alat ini dilengkapi dengan roda pada bagian bawah tabungnya. Sehingga mudah untuk di bawa bahkan oleh seorang wanita. Beberapa merek yang cukup terkenal dan banyak digunakan adalah Merek FIRE INDO dan juga Merek STARVVO, keduanya tentu beragam dari kapasitas dan harganya. Namun untuk saat ini kedua merek ini merupakan salah satu yang paling di minati.

    5. Hydrant

    Hydrant merupakan alat pemadam yang hanya berfungsi sebagai penampung air dan sumber air yang bersifat statis dan tidak dapat dipindahkan. Sedangkan untuk merek merek alat pemadam kebakaran saat ini sangat banyak sekali, baik yang berupa produk impor maupun produk lokal. Merek merek tersebut antara lain; Fire Indo, Yamato, Hatsuta, Viking, Saverex, Servvo, Sonick, Eversafe, Chubb, Gunebo, Alpindo, Altex, Solengan, Hartindo.

    Cara Menggunakan Alat Pemadam Kebakaran

    Setelah anda membeli dan mempunyai alat nya, sekarang anda harus tahu Cara Menggunakan Alat Pemadam Kebakaran ini. Kan percuma jika anda punya tapi anda tidak tau cara mengoperasikannya. Penggunaan alat ini sebenarnya cukup simpel. Nanum terkadang dalam keadaan ‘gupuh’ hal yang sebenarnya mudah bisa jadi salah. 4 cara mudah ini akan membantu anda mengatasi kebakaran kecil di rumah anda;

    • Setiap alat pemadam kebakaran yang tidak pernah digunakan pasti memiliki segel, oleh karena itu pastikan untuk mencabut segelnya terlebih dahulu.
    • Setelah segel terlepas, langkah selanjutnya adlah menarik tuas yang terdapat pada alat pemadam kebakaran. Penarikan tuas ini ditujukan untuk membuka pengungkit operasi.
    • Sebelum mulai menyemprotkan bahan pemadam, pastikan untuk mengarahkan selang yang terdapat pada alat pemadam ke arah titik api. Ingat untuk tidak terlalu dekat dengan api, setidaknya jagalah jarak antara 6 – 10 kaki dari sumber api.
    • Untuk menyemprotkan isi bahan dari alat pemdam kebakaran anda cukup menekan pengungkit tabung tersebut. Pengungkit terletak di ujung atas tabung.
    • Pastikan untuk menyemprot setiap titik api untuk memastikan semua api padam dan tidak bersisa.

    Harga & Macam Alat Pemadam Kebakaran

    Harga alat pemadam kebakaran sangat di pengaruhi oleh besar kapasitas dan bahan yang digunakan. Harga yang saya cantumkan disini dapat anda gunakan sebagai referensi atau patokan.

    1. Alat pemadam kebakaran ringan (APAR) ukuran 1 kg: Harga Rp300.000
    2. Alat Pemadam Api Newvo 5 Kg, dipasaran harga untuk jenis ini antara Rp.1.000.000 – 2.000.000, namun anda sudah mendapatkan yang terbaik di kelasnya.Alat jenis ini sudah menggunakan bahan ABC Dry Chemical Powder dengan kapasitas 5 Kg.
    3. Merek Saverex, harga Rp.260.000 kapasitas tabung Pemadam Api CAP. 3 Kg
    4. Merek Merdeka PRO, harga Rp.775.000 kapasitas Tabung Pemadam Api CAP. 12.

    Penyedia/Jual Alat Pemadam Kebakaran

    Pengertian dan Kegunaan Alat Pemadam Kebakaran

    Memiliki sebuah apar di rumah atau kantor anda tentu merupakan sebuah kewajiban, karena kebakaran dapat menimpa siapapun anda dan dimanapun lokasi anda. Penanggulangan kebakaran yang dini akan memperkecil resiko terjadinya kebakaran besar dan kerugian yang besar. Bisa anda bayangkan berapa kehilangan atau kerugian yang mungkin akan anda derita bila terjadi kebakaran besar. Situs kami memberikan penawaran harga apar yang sangat terjangkau dan tentu dengan kualitas terbaik. Sudah di percaya oleh banyak konsumen dan telah membantu banyak konsumen dalam penanggulangan atau pencegahan terjadinya kebakaran. Pastikan anda memiliki apar saat ini juga sebelum api yang mendahului anda.

    Keunggulan & Kekurangan Alat Pemadam Kebakaran

    Berbicara tentang keunggulan dan kekurangan alat pemadam kebakaran, tentu berfokus pada dua hal yaitu memadamkan api secepat mungkin dan sedini mungkin lalu api tidak terpadamkan. Keunggulan alat ini memang untuk memadamkan api sejak kecil ataupun sedang, tentu tindakan ini untuk mencegah api membesar namun bila api sudah besar dan anda baru memutuskan untuk menggunakan alat pemadam kebakaran portable make sudah cukup terlambat. Oleh karena itu memadamkan sejak api kecil sangat penting kiranya, untuk melakukan ini alat pemadam kebakaran portable memiliki keunggulan terbaik dalam hal ini. Demikianlah artikel tentang Pengertian dan Jenis Alat pemadam kebakaran ini. Semoga apa yang saya sampaikan dapat memberikan manfaat, terutama ketika anda mengalami atau melihat adanya kebakaran di sekeliling anda. Tentu saja kita tidak mengharapkan hal tersebut terjadi, dan semoga jangan sampai terjadi. Namun seperti pepatah, bahwa kita harus tetap sedia payung sebelum hujan. Artinya, kita harus menyiapkan segala alat untuk mengantisipasi kemungkinan buruk yang bisa terjadi kapan saja. Jika menurut anda artikel ini berguna, silahkan di share. Terima kasih.