Alat Pemadam Api Ringan (APAR) di Jayapura

  • Info Pemesanan?

    Kantor Pemasaran

    Bumi Wonorejo Asri A4 No.03, Surabaya

  • Jenis dan Harga Alat Pemadam Kebakaran Terbaru

    Jika pada artikel sebelumnya saya telah membahas masalah pengertian dan jenis jenis,Pada kesempatan kali ini saya akan mengulas tentang harga dan penyedia alat pemadam kebakaran. Hal ini digunakan untuk mengantisipasi apabila terjadi kebakaran yang membabib buta dalam rumah atau dalam gedung tersebut. Meskipun hal ini terlihat sepele, namun hendaknya tidak di sepelekan. Selain membahas tentang cara penggunaan, pada artikel ini saya juga akan menyelipkan tentang hal hal lain terkait dengan alat pemadam kebakaran seperti pengertian, kegunaan, jenis, merek, penyedia, kelebihan kekurangan dan lain lain. Sebelum api merambat menyambar langit langit rumah, dapat segera dihentikan dengan menggunakan alat kebakaran yang berbentuk tabung ini.

    Pengertian dan Kegunaan Alat Pemadam Kebakaran

    Sebelum menginjak pada masalah penggunaan, ada baiknya anda lebih dulu tahu akan Pengertian dan Kegunaan Alat Pemadam Kebakaran. Dengan tidak mengenali pengertian dan fungsinya, bisa jadi anda akan menganggap alat ini tidak penting. Padahal alat ini sangat penting sekali. Secara harfiah, pengertian dari alat pemadam kebakaran adalah alat perlindungan dari kebakaran yang ditujukan tentunya untuk memadamkan api dan kebakaran kecil. Alat ini sering digunakan untuk situasi darurat, dan efektif untuk tindakan prefentif atau tindakan pemadaman pertama indikasi kebakaran.

    Jenis-jenis & Merek Alat Pemadam Kebakaran

    Pada bahasan yang kedua saya akan membahas dan menjelaskan kepada anda tentang Jenis-jenis & Merek Alat Pemadam Kebakaran. Untuk jenisnya kurang lebih ada 5, yaitu Alat pemadam ringan (APAR), Alat pemadam Thermatic System, Alat Pemadam Hydrant, Alat Pemadam Portable, Dan yang terakhir alat pemadam Trolley.

    1. Alat pemadam kebakaran ringan (APAR)

    Jenis alat ini mungkin yang paling mudah untuk di operasikan dan dapat digunakan oleh satu orang. Jenis apar mudah untuk di bawa, dan sudah di lengkapi dengan pengukur tekanan. Fungsi pengukur tekanan ini adalah untuk mengetahui tekanan dalam tabung.

    2. Alat Pemadam Kebakaran Portable

    Alat ini berukuran mini, sehingga sangat mudah dan praktis untuk dibawa dan ditempatkan di mana mana. Dan karena alasan itulah alat ini disebut portable. Karena alat ini dapat di bawa ke mana mana tentu kapasitas dan berat dari alat pemadam api ini cukup ringan, umumnya di pasaran beredar berat 1 – 2 kg saja. Seperti yang penulis tuliskan sebelumnya, bila kebakaran di atasi sejak awal saat api masih kecil atau sedang maka penggunaan alat portable sudah sangat mampu mencegah terjadinya kebakaran. Harga alat ini juga sangat terjangkau, meskipun masih bergantung pada kapasitas yang anda inginkan.

    3. Alat Pemadam Kebakaran Thermatic System

    Thermatic merupakan alat yang dapat berjalan secara otomatis tanpa harus dioperasikan. Jadi ketika anda bepergian keluar rumah pun, rumah anda akan lebih aman karena penjagaan dari alat ini.

    4. Alat pemadam kebakaran berat (Trolley)

    Jenis ini berbeda dengan apar, karena trolley di tujukan sebagai alat pemadam api berat. Umumnya tabung nya memiliki roda, tentu tujuannya untuk memudahkan membawanya. Alat jenis ini memiliki kapasitas lebih besar di bandingkan apar, umumnya antara 20 – 80 Kg. Untuk peng operasiannya pun harus di lakukan oleh 2 orang. Karena ukurannya yang cukup berat, yaitu antara 20 hingga 80 kilogram, maka akan sangat sulit jika alat ini dioperasikan oleh satu orang. Minimal haruslah 2 orang, dan lebih banyak akan lebih baik.

    5. Hydrant

    Hydrant merupakan suatu alat dimana didalam nya terdapat air. Alat ini biasanya ditempatkan di trotoar, sehingga ketika ada kebakaran di area tempat tersebut, orang tidak lagi kesulitan untuk mencari air. Sedangkan untuk merek merek alat pemadam kebakaran saat ini sangat banyak sekali, baik yang berupa produk impor maupun produk lokal. Merek merek tersebut antara lain; Fire Indo, Yamato, Hatsuta, Viking, Saverex, Servvo, Sonick, Eversafe, Chubb, Gunebo, Alpindo, Altex, Solengan, Hartindo.

    Cara Menggunakan Alat Pemadam Kebakaran

    Menggunakan alat pemadam kebarakan sebenarnya bukan suatu hal yang sulit, namun karena penggunaan alat ini saat kita terdesak oleh api tidak jarang membuat kita bingung dalam menggunakanannya. Karena jika api tidak segera padam, bisa jadi merembet ke tempat lain nya dan berpotensi menjadi kebakaran yang lebih besar. Oleh karena itu cara menggunakan alat ini perlu anda ketahui sebelum anda membelinya. 4 cara mudah ini akan membantu anda mengatasi kebakaran kecil di rumah anda;

      1. Setiap alat pemadam kebakaran yang tidak pernah digunakan pasti memiliki segel, oleh karena itu pastikan untuk mencabut segelnya terlebih dahulu.

     

      1. Setelah segel terlepas, langkah selanjutnya adlah menarik tuas yang terdapat pada alat pemadam kebakaran. Penarikan tuas ini ditujukan untuk membuka pengungkit operasi.

     

      1. Sebelum mulai menyemprotkan bahan pemadam, pastikan untuk mengarahkan selang yang terdapat pada alat pemadam ke arah titik api. Ingat untuk tidak terlalu dekat dengan api, setidaknya jagalah jarak antara 6 – 10 kaki dari sumber api.

     

      1. Untuk menyemprotkan isi bahan dari alat pemdam kebakaran anda cukup menekan pengungkit tabung tersebut. Pengungkit terletak di ujung atas tabung.

     

    1. Pastikan untuk menyemprot setiap titik api untuk memastikan semua api padam dan tidak bersisa.

    Harga & Macam Alat Pemadam Kebakaran

    Harga apar memang sangat beragam, dan nominal harga tentu di pengaruhi dari media dan kapasitas dari apar itu sendiri. Umumnya semakin besar kapasitas maka semakin mahal pula harga apar tersebut. Untuk ulasan ini kita akan memberikan pricelist atau daftar harga untuk macam alat pemadam kebakaran jenis apar.

    1. Alat pemadam kebakaran ringan (APAR) ukuran 1 kg: Harga Rp300.000
    2. Tabung Pemadam Api CAP. 9 Kg Merek Merdeka Pro, dipasaran anda dapat mendapatkan alat jenis ini dengan range harga 2.000.000 – 3.000.000, tabung ini berisi media gas HCFC ( Hidro – Khloro – Fluoro – Carbon ). Mengapa lebih mahal karena media ini merupakan salah satu media atau bahan yang di anggap cepat memadamkan api dan juga ramah lingkungan dengan kapasitas besar yaitu 9 Kg.
    3. Merek Saverex, harga Rp.260.000 kapasitas tabung Pemadam Api CAP. 3 Kg/li>
    4. Merek Merdeka, harga Rp.700.000 kapasitas Tabung Pemadam Api CAP. 12 Kg

    Penyedia/Jual Alat Pemadam Kebakaran

    Jenis dan Harga Alat Pemadam Kebakaran Terbaru

    Memiliki sebuah apar di rumah atau kantor anda tentu merupakan sebuah kewajiban, karena kebakaran dapat menimpa siapapun anda dan dimanapun lokasi anda. Penanggulangan kebakaran yang dini akan memperkecil resiko terjadinya kebakaran besar dan kerugian yang besar. Oleh karena itu, sangat bijak kiranya untuk memiliki alat pemadam kebakaran. Kami merupakan penyedia dan pen jual alat pemadam kebakaran terbaik online. Namun jika anda memutuskan untuk membeli secara offline pun juga tidak masalah, karena pada inti dari membeli yaitu anda bisa mendapatkan barang yang berkualitas dan juga harga yang lebih miring.

    Keunggulan & Kekurangan Alat Pemadam Kebakaran

    Alat pemadam kebakaran tentu memiliki keunggulan dan kekurangan, salah satu keunggulan terbaik yang menjadi alasan utama mengapa setiap keluarga harus memiliki ini adalah untuk mencegah terjadinya kebakaran. Salah satu keunggulan alat ini yaitu dapat digunakan untuk memadamkan api secara darurat yang terjadi di rumah pribadi anda. Kelemahannya yaitu tidak dapat digunakan untuk memadamkan api yang sudah terlanjur membesar. Namun kelemahannya, alat ini tidak dapat digunakan untuk menghentikan kobaran api yang sudah terlanjur membesar. Jika anda melihat api yang sudah besar dan membara, jangan gunakan alat ini karena dapat membahayakan keselamatan anda sendiri. Hubungi pihak pemadam kebakaran melalui telefon dan meminta bantuan tetangga terdekat anda. Demikianlah artikel tentang Pengertian dan Jenis Alat pemadam kebakaran ini. Semoga apa yang saya sampaikan dapat memberikan manfaat, terutama ketika anda mengalami atau melihat adanya kebakaran di sekeliling anda. Tentu saja kita tidak mengharapkan hal tersebut terjadi, dan semoga jangan sampai terjadi. Namun seperti pepatah, bahwa kita harus tetap sedia payung sebelum hujan. Artinya, kita harus menyiapkan segala alat untuk mengantisipasi kemungkinan buruk yang bisa terjadi kapan saja. Jika menurut anda artikel ini berguna, silahkan di share. Terima kasih.