Alat Pemadam Api Ringan (APAR) di Langsa

  • Info Pemesanan?

    Kantor Pemasaran

    Bumi Wonorejo Asri A4 No.03, Surabaya

  • Informasi Seputar Alat Pemadam Kebakaran

    Kesadaran masyarakat tentang bahaya kebakaran semakin meningkat, hal ini di tunjukan dengan semakin tingginya permintaan pasar terhadap jenis alat ini. Mengapa saya menulis hal ini karena ini merupakan hal penting. Ya, setiap rumah terutama yang berada berdempet dempetan dengan rumah tetangga, maka alat pemadam kebakaran wajib untuk dimiliki. Selain membahas tentang cara penggunaan, pada artikel ini saya juga akan menyelipkan tentang hal hal lain terkait dengan alat pemadam kebakaran seperti pengertian, kegunaan, jenis, merek, penyedia, kelebihan kekurangan dan lain lain. Sehingga ketika anda selesai membaca artikel ini anda tidak akan bingung lagi ketika anda memutuskan untuk membelinya.

    Pengertian dan Kegunaan Alat Pemadam Kebakaran

    Topik bahasan pertama kita adalah mengenalkan terlebih dahulu pengertian dan keguaan dari alat pemadam kebakaran ini. Pengertian alat ini adalah sebuah alat yang berbentuk tabung pada umumnya dan berisi bahan pemadam api. Beberapa bahan yang terkandung pada alat ini seperti CO2, Dry Chemical Powder dan bahan lainnya. Kegunaan Alat Pemadam ini khusus digunakan untuk memadamkan api ketika dalam keadaan genting atau darurat. Alat ini sungguh fleksibel, bisa digunakan untuk keperluan rumah anda pribadi maupun ditempat anda bekerja. Alat ini sering digunakan untuk situasi darurat, dan efektif untuk tindakan prefentif atau tindakan pemadaman pertama indikasi kebakaran.

    Jenis-jenis & Merek Alat Pemadam Kebakaran

    Cara Menggunakan Alat Pemadam Kebakaran

    Perlu juga untuk anda sekedar pahami sebagai pengetahuan anda tentang Jenis-jenis Alat Pemadam Kebakaran Sehingga anda akan lebih bisa menyesuaikan ketika anda suatu hari nanti anda berencana untuk membeli. Mengetahui jenis jenis dan merek alat pemadam kebakaran ini cukup penting, sehingga anda akan tahu merek mana yang memiliki fitur lebih banyak serta anda juga akan tahu masing masing keunggulan dan kelemahannya. Baik akan saya coba kupas satu persatu;

    1. Alat pemadam kebakaran ringan (APAR)

    Alat jenis APAR umumnya digunakan untuk peristiwa kebakaran yang ringan atau kecil. APAR termasuk yang ringan di kelasnya, dimana rata rata memiliki berat antara 1 sampai 9 kg.

    2. Alat Pemadam Kebakaran Portable

    Jenis alat yang satu ini cukup uniqe di banding dengan yang lainnya, karena alat ini dapat di bawa ke mana mana, dan cukup mudah untuk di operasikan sehingga dapat di gunakan meskipun anda sendirian. Sama halnya dengan jenis yang pertama tadi, bahwa alat ini juga cukup dikendalikan oleh satu orang saja. Alat ini memiliki ukuran yang cukup kecil, yaitu antara 1 hingga 2 kilogram. Seperti yang penulis tuliskan sebelumnya, bila kebakaran di atasi sejak awal saat api masih kecil atau sedang maka penggunaan alat portable sudah sangat mampu mencegah terjadinya kebakaran. Harga alat ini juga sangat terjangkau, meskipun masih bergantung pada kapasitas yang anda inginkan.

    3. Alat Pemadam Kebakaran Thermatic System

    Alat ini merupakan alat otomatis. Jadi ketika terjadi kebakaran diluar sepengetahuan anda, maka alat ini akan bekerja dengan sendirinya. Untuk penempatannya pun juga dapat disesuaikan dengan kondisi ruangan.

    4. Alat pemadam kebakaran berat (Trolley)

    Trolley merupakan alat pemadam yang memiliki roda. Karena anda tidak perlu mengangkatnya, tetapi anda bisa dengan menggelindingkannya. Selain terdapat roda, pada alat ini juga terdapat alat pengatur tekanan gas CO2 dan gas N2.

    5. Hydrant

    Alat ini sebenarnya bukanlah alat pemadam kebakaran yang dapat di bawa dan diletakkan dalam rumah, melainkan ditempatkan secara outdoor dan tidak bisa dipindahkan kemana mana. Alat ini berfungsi sebagai sumber air, jadi ketika terjadi kebakaran yang dalam level sedang, alat ini cukup membantu. Bila di Tanya merek apa yang harus di pilih, maka merek Fire indo dan Merk Starvvo dapat menjadi opsi terbaik. Kedua merek ini menyediakan berbagai jenis alat pemadam kebakaran portable, umumnya dengan kapasitas 1 – 12 dan bahan yang berbeda.

    Cara Menggunakan Alat Pemadam Kebakaran

    Punya alat pemadam kebakaran namun tidak tahu cara penggunaannya, tidak perlu kawatir. Karena pada topik bahasan ini, kita akan mengulas seputar cara menggunakan alat pemadam kebakaran yang baik dan benar. Karena jika api tidak segera padam, bisa jadi merembet ke tempat lain nya dan berpotensi menjadi kebakaran yang lebih besar. Oleh karena itu cara menggunakan alat ini perlu anda ketahui sebelum anda membelinya. Nah terkait dengan hal tersebut, sebaiknya anda sebisa mungkin tetap tenang dan tidak gupuh sehingga semua proses penggunaan alat ini dan pemadaman api dapat berjalan dengan lancar.

    • Pastikan anda tahu terlebih dahulu dari masing masing fungsi yang ada pada tabung pemadam.
    • Langkah pertama yaitu menarik pin pengunci tuas. Jika anda tidak menarik pin tersebut maka pin akan tetap terkunji sehingga tidak bisa ditekan.
    • Setelah pin anda tarik, maka secara otomatis tuas akan berfungsi dan dapat anda tekan. Namun dalam tahap ini jangan tekan tuasnya dahulu, akan tetapi arahkan selang yang ada pada tabung ke sumber api.
    • Setelah anda mengarahkan selang tepat ke titik api, barulah anda tekan tuas tadi sehingga akan keluar serbuk yang ada dalam tabung. Semprotkan hingga merata, sampi api benar benar padam.

    Harga & Macam Alat Pemadam Kebakaran

    Informasi seputar harga dan macam alat pemadam kebakaran update bulan ini dan tentunya terbaru. Pada topik ini kita akan memberikan informasi tentang harga sesuai dengan macam alat pemadam baik yang ber kapasitas kecil dan besar.

    1. Alat pemadam kebakaran ringan (APAR) ukuran 5 kg: Harga Rp1.300.000
    2. Tabung Pemadam Api CAP. 9 Kg Merek Merdeka Pro, dipasaran anda dapat mendapatkan alat jenis ini dengan range harga 2.000.000 – 3.000.000, tabung ini berisi media gas HCFC ( Hidro – Khloro – Fluoro – Carbon ). Mengapa lebih mahal karena media ini merupakan salah satu media atau bahan yang di anggap cepat memadamkan api dan juga ramah lingkungan dengan kapasitas besar yaitu 9 Kg.
    3. Merek Saverex, harga Rp.260.000 kapasitas tabung Pemadam Api CAP. 3 Kg
    4. Merek Merdeka PRO, harga Rp.775.000 kapasitas Tabung Pemadam Api CAP. 12.

    Penyedia/Jual Alat Pemadam Kebakaran

    Jenis-jenis & Merek Alat Pemadam Kebakaran

    Menginvestasikan sedikit dana anda untuk keselamatan dari kebakaran tentu bukan hal yang mahal. Memiliki setidaknya satu alat pemadam kebakaran di rumah anda merupakan sebuah pilihan yang bijak. Kabar baiknya alat pemadam kebakaran portable sangat amat terjangkau khususnya untuk masyarakat Indonesia. Harga alat ini tidak akan mengorek kantong anda, bahkan mampu melindungi anda dari terjadinya kebakaran besar. Namun jika anda memutuskan untuk membeli secara offline pun juga tidak masalah, karena pada inti dari membeli yaitu anda bisa mendapatkan barang yang berkualitas dan juga harga yang lebih miring.

    Keunggulan & Kekurangan Alat Pemadam Kebakaran

    Alat pemadam kebakaran portable sudah sangat efektif untuk mencegah terjadinya kebakaran besar, alat ini mampu memadamkan api kecil hingga sedang. Keunggulan alat ini memang untuk memadamkan api sejak kecil ataupun sedang, tentu tindakan ini untuk mencegah api membesar namun bila api sudah besar dan anda baru memutuskan untuk menggunakan alat pemadam kebakaran portable make sudah cukup terlambat. Namun kelemahannya, alat ini tidak dapat digunakan untuk menghentikan kobaran api yang sudah terlanjur membesar. Jika anda melihat api yang sudah besar dan membara, jangan gunakan alat ini karena dapat membahayakan keselamatan anda sendiri. Hubungi pihak pemadam kebakaran melalui telefon dan meminta bantuan tetangga terdekat anda. Demikianlah artikel tentang Pengertian dan Jenis Alat pemadam kebakaran ini. Semoga apa yang saya sampaikan dapat memberikan manfaat, terutama ketika anda mengalami atau melihat adanya kebakaran di sekeliling anda. Tentu saja kita tidak mengharapkan hal tersebut terjadi, dan semoga jangan sampai terjadi. Namun seperti pepatah, bahwa kita harus tetap sedia payung sebelum hujan. Artinya, kita harus menyiapkan segala alat untuk mengantisipasi kemungkinan buruk yang bisa terjadi kapan saja. Jika menurut anda artikel ini berguna, silahkan di share. Terima kasih.