Alat Pemadam Api Ringan (APAR) di Padang Sidempuan

  • Info Pemesanan?

    Kantor Pemasaran

    Bumi Wonorejo Asri A4 No.03, Surabaya

  • Harga dan Penyedia Alat Pemadam Kebakaran

    Akhir akhir ini kasus kebakaran semakin meningkat, tidak sedikit kasus yang terjadi akibat keteledoran atau bahkan konsleting listrik. Kebakaran sebenarnya sangat dapat di atasi bila dapat di cegah sejak dini. Namun sayangnya sedikit dari masyaratakat kita tidak mengetahui tindakan prefentif atau penanggulangan kebakaran sejak dini. Artikel kali ini akan berfokus pada alat pemadam kebakaran, yang merupakan sebuah alat yang mempu mencegah terjadinya kebakaran dan juga menangani kebakaran yang telah terjadi. Alat ini sebenarnya sangat umum digunakan, bahkan mungkin masing masing dari kita sudah pernah melihatnya. Alat pemadam kebakaran ini ada banyak jenis dan manfaatnya, setiap merek dan jenis memiliki fungsi dan kapasitas kemampuan pemadamannya. Untuk detail seputar alat ini, pastikan untuk membaca hingga akhir.

    Pengertian dan Kegunaan Alat Pemadam Kebakaran

    Topik bahasan pertama kita adalah mengenalkan terlebih dahulu pengertian dan keguaan dari alat pemadam kebakaran ini. Sebenarnya apa sih alat pemadam kebakaran itu? Alat pemadam kebakaran merupakan alat yang berbentuk tabung dan biasanya berisi serbuk. Nah alat ini berupa tabung yang di dalamnya terdapat serbuk. Warna dari benda umumnya berwarna merah. Nah, serbuk itulah yang memiliki fungsi memadamkan api. Jadi ketika anda melihat peristiwa kebakaran yang masih dalam kondisi ringan (api nya masih belum membesar) anda dapat memanfaatkan alat ini.

    Jenis-jenis & Merek Alat Pemadam Kebakaran

    Alat pemadam kebakaran ringan (APAR)

    Berbicara tentang jenis jenis alat pemadam kebakaran maka akan lebih baik kita fokuskan pada alat pemadam kebakaran portable. Mengapa portable? Karena jenis ini lah yang paling cocok untuk digunakan setiap masyarakat Indonesia. Mengetahui jenis jenis dan merek alat pemadam kebakaran ini cukup penting, sehingga anda akan tahu merek mana yang memiliki fitur lebih banyak serta anda juga akan tahu masing masing keunggulan dan kelemahannya. Baik akan saya coba kupas satu persatu;

    1. Alat pemadam kebakaran ringan (APAR)

    Alat jenis APAR umumnya digunakan untuk peristiwa kebakaran yang ringan atau kecil. Jenis apar mudah untuk di bawa, dan sudah di lengkapi dengan pengukur tekanan. Fungsi pengukur tekanan ini adalah untuk mengetahui tekanan dalam tabung.

    2. Alat Pemadam Kebakaran Portable

    Portable berasal dari bahasa Inggris yang artinya kurang lebih, mudah untuk dibawa dan digunakan alias memiliki ukuran yang praktis. Sama halnya dengan jenis yang pertama tadi, bahwa alat ini juga cukup dikendalikan oleh satu orang saja. Alat ini memiliki ukuran yang cukup kecil, yaitu antara 1 hingga 2 kilogram. Alat jenis ini juga sangat cocok untuk di letakkan di dapur rumah, atau dapur tempat kerja anda.

    3. Alat Pemadam Kebakaran Thermatic System

    Alat ini merupakan alat otomatis. Jadi ketika terjadi kebakaran diluar sepengetahuan anda, maka alat ini akan bekerja dengan sendirinya. Jadi ketika anda bepergian keluar rumah pun, rumah anda akan lebih aman karena penjagaan dari alat ini.

    4. Alat pemadam kebakaran berat (Trolley)

    Trolley merupakan alat pemadam yang memiliki roda. Karena anda tidak perlu mengangkatnya, tetapi anda bisa dengan menggelindingkannya. Selain terdapat roda, pada alat ini juga terdapat alat pengatur tekanan gas CO2 dan gas N2.

    5. Hydrant

    Hydrant merupakan suatu alat dimana didalam nya terdapat air. Alat ini biasanya ditempatkan di trotoar, sehingga ketika ada kebakaran di area tempat tersebut, orang tidak lagi kesulitan untuk mencari air. Untuk penempatannya, alat ini biasanya diletakkan di pinggir jalan di tempat tempat umum yang rawan akan terjadi kebakaran seperti di pasar dan tempat ramai lain nya.

    Cara Menggunakan Alat Pemadam Kebakaran

    Setelah anda membeli dan mempunyai alat nya, sekarang anda harus tahu Cara Menggunakan Alat Pemadam Kebakaran ini. Kan percuma jika anda punya tapi anda tidak tau cara mengoperasikannya. Cara ini untuk Alat pemadam kebakaran jenis APAR, karena umumnya jenis apar lah yang banyak digunakan dan di miliki masyarakat Indonesia. 4 cara mudah ini akan membantu anda mengatasi kebakaran kecil di rumah anda;

      1. Setiap alat pemadam kebakaran yang tidak pernah digunakan pasti memiliki segel, oleh karena itu pastikan untuk mencabut segelnya terlebih dahulu.

     

      1. Setelah segel terlepas, langkah selanjutnya adlah menarik tuas yang terdapat pada alat pemadam kebakaran. Penarikan tuas ini ditujukan untuk membuka pengungkit operasi.

     

      1. Sebelum mulai menyemprotkan bahan pemadam, pastikan untuk mengarahkan selang yang terdapat pada alat pemadam ke arah titik api. Ingat untuk tidak terlalu dekat dengan api, setidaknya jagalah jarak antara 6 – 10 kaki dari sumber api.

     

      1. Untuk menyemprotkan isi bahan dari alat pemdam kebakaran anda cukup menekan pengungkit tabung tersebut. Pengungkit terletak di ujung atas tabung.

     

    1. Pastikan untuk menyemprot setiap titik api untuk memastikan semua api padam dan tidak bersisa.

    Harga & Macam Alat Pemadam Kebakaran

    Selanjutnya kita akan berdiskusi masalah Harga & Macam Alat Pemadam Kebakaran. Hal ini tentu sangat penting, sehingga anda tidak akan terjebak dengan harga sales yang menawarkan anda dengan harga tinggi. Untuk kebutuhan anda pribadi, saya rasa anda cukup untuk membeli dan miliki yang jenis APAR, alat pemadam kebakaran untuk tahapan ringan. Yang nantinya dapat anda tempatkan di dalam mobil (untuk yang ukuran 1kg) dan dapat anda tempatkan dirumah untuk yang ukuran (5kg).

    1. Alat pemadam kebakaran ringan (APAR) ukuran 5 kg: Harga Rp1.300.000
    2. Tabung Pemadam Api CAP. 9 Kg Merek Merdeka Pro, dipasaran anda dapat mendapatkan alat jenis ini dengan range harga 2.000.000 – 3.000.000, tabung ini berisi media gas HCFC ( Hidro – Khloro – Fluoro – Carbon ). Mengapa lebih mahal karena media ini merupakan salah satu media atau bahan yang di anggap cepat memadamkan api dan juga ramah lingkungan dengan kapasitas besar yaitu 9 Kg.
    3. Merek Saverex, harga Rp.260.000 kapasitas tabung Pemadam Api CAP. 3 Kg
    4. Merek Merdeka, harga Rp.700.000 kapasitas Tabung Pemadam Api CAP. 12 Kg

    Penyedia/Jual Alat Pemadam Kebakaran

    Sedangkan jika anda sedang mencara Penyedia/Jual Alat Pemadam Kebakaran, anda dapat membelinya secara online maupun di toko peralatan terdekat dengan rumah anda. Kabar baiknya alat pemadam kebakaran portable sangat amat terjangkau khususnya untuk masyarakat Indonesia. Harga alat ini tidak akan mengorek kantong anda, bahkan mampu melindungi anda dari terjadinya kebakaran besar. Bila anda mencari penyedia atau penjual alat pemadam kebakaran terbaik dan terpercaya, anda dapat segera menghubungi kami. Kami adalah salah satu situs terbaik yang menjual alat pemadam kebakaran terpercaya dan telah membantu melindungi keluarga Indonesia dari terjadinya kebakaran.

    Keunggulan & Kekurangan Alat Pemadam Kebakaran

    Masing masing jenis alat pemadam memiliki spesifikasi yang berbada beda. Keunggulan & Kekurangan Alat Pemadam Kebakaran juga tentu akan berbeda dari masing masing jenis tersebut. Alasan utama mengapa anda harus memiliki alat ini dirumah ataupun kantor tentu untuk mencegah terjadinya kebakaran besar. Kebakaran yang sudah membesar tentu sangat tidak mudah di atasi, dan akan menyebabkan kerugian besar bagi anda. Namun kelemahannya, alat ini tidak dapat digunakan untuk menghentikan kobaran api yang sudah terlanjur membesar. Jika anda melihat api yang sudah besar dan membara, jangan gunakan alat ini karena dapat membahayakan keselamatan anda sendiri. Hubungi pihak pemadam kebakaran melalui telefon dan meminta bantuan tetangga terdekat anda. Semoga artikel tentang alat pemadam kebakaran kali ini memberikan wawasan dan manfaat lebih untuk anda.