Alat Pemadam Api Ringan (APAR) di Palembang

  • distributordis@gmail.com
    Kantor Pemasaran

    Bumi Wonorejo Asri A4 No.03, Surabaya

  • Informasi Seputar Alat Pemadam Kebakaran

    Pada kesempatan yang baik ini saya akan mengulas tentang cara menggunakan alat pemadam kebakaran Yang benar dan sesuai prosedur. Mengapa saya menulis hal ini karena ini merupakan hal penting. Ya, setiap rumah terutama yang berada berdempet dempetan dengan rumah tetangga, maka alat pemadam kebakaran wajib untuk dimiliki. Tentu setiap keluarga pasti membutuhkan api, khususnya untuk memasak. Tidak jarang terjadinya kebakaran karena keteledoran atau juga bisa di karenakan adanya konsleting listrik. Tentu penanganan yang terlambat akan membuat api membesar dan sudah tidak dapat di kendalikan. Sebelum api merambat menyambar langit langit rumah, dapat segera dihentikan dengan menggunakan alat kebakaran yang berbentuk tabung ini.

    Pengertian dan Kegunaan Alat Pemadam Kebakaran

    Baik sebelum kita menginjak pada permasalahan harga dan penyedia, saya akan mencoba mengupas terlebih dahulu Pengertian dan Kegunaan Alat Pemadam Kebakaran. Saya yakin sebelumnya anda pasti pernah melihatnya. Alat ini biasanya di gantung di sudut sudut ruangan, khususnya dekat dapur. Karena di dapur terdapat sumber apai yaitu kompor dan gas, yang sering kali meledak dan menyebabkan kebakaran. Secara harfiah, pengertian dari alat pemadam kebakaran adalah alat perlindungan dari kebakaran yang ditujukan tentunya untuk memadamkan api dan kebakaran kecil. Alat ini sering digunakan untuk situasi darurat, dan efektif untuk tindakan prefentif atau tindakan pemadaman pertama indikasi kebakaran.

    Jenis-jenis & Merek Alat Pemadam Kebakaran

    Perlu juga untuk anda sekedar pahami sebagai pengetahuan anda tentang Jenis-jenis Alat Pemadam Kebakaran Sehingga anda akan lebih bisa menyesuaikan ketika anda suatu hari nanti anda berencana untuk membeli. Hal ini untuk apa? Ketika anda ingin membeli anda akan tahu spesifikasi seperti apa dan masing masing kegunaan nya, dan juga anda akan tahu merek apa yang sebaiknya anda beli.

    1. Alat pemadam kebakaran ringan (APAR)

    Alat jenis ini telah dilengkapi dengan alat pengukur tekanan atau dalam istilah bahasa inggrisnya (pressure gauge). Dengan adanya pengukur tekanan ini, anda akan tahu berapa tekanan pada tabung sehingga anda akan lebih mudah mengontrolnya.

    2. Alat Pemadam Kebakaran Portable

    Jenis alat yang satu ini cukup uniqe di banding dengan yang lainnya, karena alat ini dapat di bawa ke mana mana, dan cukup mudah untuk di operasikan sehingga dapat di gunakan meskipun anda sendirian. Karena alat ini dapat di bawa ke mana mana tentu kapasitas dan berat dari alat pemadam api ini cukup ringan, umumnya di pasaran beredar berat 1 – 2 kg saja. Dan alat ini hanya bisa digunakan sekali pakai saja. Jika anda telah menggunakannya, maka anda tidak bisa memakainya lagi. Karena alat ini tidak bisa di isi ulang.

    3. Alat Pemadam Kebakaran Thermatic System

    Thermatic merupakan alat yang dapat berjalan secara otomatis tanpa harus dioperasikan. Untuk penempatannya pun juga dapat disesuaikan dengan kondisi ruangan.

    4. Alat pemadam kebakaran berat (Trolley)

    Jenis ini berbeda dengan apar, karena trolley di tujukan sebagai alat pemadam api berat. Umumnya tabung nya memiliki roda, tentu tujuannya untuk memudahkan membawanya. Alat jenis ini memiliki kapasitas lebih besar di bandingkan apar, umumnya antara 20 – 80 Kg. Untuk peng operasiannya pun harus di lakukan oleh 2 orang. Karena anda tidak perlu mengangkatnya, tetapi anda bisa dengan menggelindingkannya. Selain terdapat roda, pada alat ini juga terdapat alat pengatur tekanan gas CO2 dan gas N2.

    5. Hydrant

    Hydrant merupakan alat pemadam yang hanya berfungsi sebagai penampung air dan sumber air yang bersifat statis dan tidak dapat dipindahkan. Untuk penempatannya, alat ini biasanya diletakkan di pinggir jalan di tempat tempat umum yang rawan akan terjadi kebakaran seperti di pasar dan tempat ramai lain nya.

    Cara Menggunakan Alat Pemadam Kebakaran

    Setelah anda membeli dan mempunyai alat nya, sekarang anda harus tahu Cara Menggunakan Alat Pemadam Kebakaran ini. Kan percuma jika anda punya tapi anda tidak tau cara mengoperasikannya. Cara ini untuk Alat pemadam kebakaran jenis APAR, karena umumnya jenis apar lah yang banyak digunakan dan di miliki masyarakat Indonesia. Berikut ini prosedur penggunaan alat pemada kebakaran:

    • Setiap alat pemadam kebakaran yang tidak pernah digunakan pasti memiliki segel, oleh karena itu pastikan untuk mencabut segelnya terlebih dahulu.
    • Setelah segel terlepas, langkah selanjutnya adlah menarik tuas yang terdapat pada alat pemadam kebakaran. Penarikan tuas ini ditujukan untuk membuka pengungkit operasi.
    • Sebelum mulai menyemprotkan bahan pemadam, pastikan untuk mengarahkan selang yang terdapat pada alat pemadam ke arah titik api. Ingat untuk tidak terlalu dekat dengan api, setidaknya jagalah jarak antara 6 – 10 kaki dari sumber api.
    • Untuk menyemprotkan isi bahan dari alat pemdam kebakaran anda cukup menekan pengungkit tabung tersebut. Pengungkit terletak di ujung atas tabung.
    • Pastikan untuk menyemprot setiap titik api untuk memastikan semua api padam dan tidak bersisa.

    Harga & Macam Alat Pemadam Kebakaran

    Nah pada pokok bahasan ini saya akan memberitahu anda tentang Harga & Macam Alat Pemadam Kebakaran. Seperti yang saya sebutkan di awal tadi bahwa alat pemadam sangat banyak sekali macamnya. Dan anda tentu saja tidak membutuhkan semuanya. Untuk ulasan ini kita akan memberikan pricelist atau daftar harga untuk macam alat pemadam kebakaran jenis apar.

    1. Alat pemadam kebakaran ringan (APAR) ukuran 1 kg: Harga Rp300.000
    2. Tabung Pemadam Api CAP. 9 Kg Merek Merdeka Pro, dipasaran anda dapat mendapatkan alat jenis ini dengan range harga 2.000.000 – 3.000.000, tabung ini berisi media gas HCFC ( Hidro – Khloro – Fluoro – Carbon ). Mengapa lebih mahal karena media ini merupakan salah satu media atau bahan yang di anggap cepat memadamkan api dan juga ramah lingkungan dengan kapasitas besar yaitu 9 Kg.
    3. Merek Saverex, harga Rp.260.000 kapasitas tabung Pemadam Api CAP. 3 Kg
    4. Merek Merdeka, harga Rp.700.000 kapasitas Tabung Pemadam Api CAP. 12 Kg

    Penyedia/Jual Alat Pemadam Kebakaran

    Pengertian dan Jenis – Jenis Alat Pemadam Kebakaran

    Menginvestasikan sedikit dana anda untuk keselamatan dari kebakaran tentu bukan hal yang mahal. Memiliki setidaknya satu alat pemadam kebakaran di rumah anda merupakan sebuah pilihan yang bijak. Bisa anda bayangkan berapa kehilangan atau kerugian yang mungkin akan anda derita bila terjadi kebakaran besar. Dengan membeli secara online, biasanya anda akan lebih mudah mendapatkan harga yang lebih murah.

    Keunggulan & Kekurangan Alat Pemadam Kebakaran

    Alat pemadam kebakaran portable sudah sangat efektif untuk mencegah terjadinya kebakaran besar, alat ini mampu memadamkan api kecil hingga sedang. Bila kebakaran di atasi sejak dini maka tentu akan sangat mengurangi resiko terjadinya kebakaran yang lebih besar. Kekurangan dari alat pemadam kebakaran adlaah bila sudah terjadi kebakaran besar karena terlambat penanganan dari anda maka alat ini tidak akan membantu banyak. Saya rasa kurang lebih itulah informasi tentang Harga dan Penyedia alat pemadam kebakaran. Seperti yang saya katakan sebelumnya, bahwa anda seharusnya memiliki alat ini, guna untuk berjaga jaga jika suatu saat ada hal buruk yang terjadi. Meskipun pada dasarnya kita tidak mengharapkan hal tersebut terjadi. Namun bila api sudah terlambat di tangani dan membesar maka alat ini akan menunjukan kekurangannya, yaitu tidak mampu memadaman kobaran api. Oleh karena itu penting kiranya untuk mengatasi kebakaran sejak dini atau sejak api masih kecil, bukankah mencegah lebih baik dari mengobati.