Alat Pemadam Api Ringan (APAR) di Pekalongan

  • Info Pemesanan?

    Kantor Pemasaran

    Bumi Wonorejo Asri A4 No.03, Surabaya

  • Informasi Seputar Alat Pemadam Kebakaran

    Pada kesempatan kali ini saya akan mengulas tentang Pengertian dan jenis jenis alat pemadam kebakaran. Setiap rumah atau gedung harusnya memiliki alat pemadam kebakaran. Kebakaran memang dapat mengancam siapapun anda, tidak jarang karena sedikit keteledoran terhadap api menyebabkan kebakaran di sekitar anda. Artikel kali ini akan berfokus pada alat pemadam kebakaran, yang merupakan sebuah alat yang mempu mencegah terjadinya kebakaran dan juga menangani kebakaran yang telah terjadi. Alat ini sebenarnya sangat umum digunakan, bahkan mungkin masing masing dari kita sudah pernah melihatnya. Sehingga ketika anda selesai membaca artikel ini anda tidak akan bingung lagi ketika anda memutuskan untuk membelinya.

    Pengertian dan Kegunaan Alat Pemadam Kebakaran

    Pada pembahasan pertama saya akan terlebih dahulu mengulas tentang Pengertian dan Kegunaan Alat Pemadam Kebakaran. Pengertian alat ini adalah sebuah alat yang berbentuk tabung pada umumnya dan berisi bahan pemadam api. Beberapa bahan yang terkandung pada alat ini seperti CO2, Dry Chemical Powder dan bahan lainnya. Secara harfiah, pengertian dari alat pemadam kebakaran adalah alat perlindungan dari kebakaran yang ditujukan tentunya untuk memadamkan api dan kebakaran kecil. Sedangkan untuk penggunaannya, alat pemadam ini khusus hanya digunakan untuk pemadaman ringan, atau kebakaran yang terjadi pada lingkup kecil saja (dalam sekala ruangan).

    Jenis-jenis & Merek Alat Pemadam Kebakaran

    Alat Pemadam Kebakaran Portable

    Terdapat banyak jenis dari alat ini, sedikitnya bila dapat dikelompakan maka terdapat 4 jenis. Tentu setiap jenis memiliki fungsi dan kelebihan masing masing. Hal ini untuk apa? Ketika anda ingin membeli anda akan tahu spesifikasi seperti apa dan masing masing kegunaan nya, dan juga anda akan tahu merek apa yang sebaiknya anda beli.

    1. Alat pemadam kebakaran ringan (APAR)

    Alat jenis APAR umumnya digunakan untuk peristiwa kebakaran yang ringan atau kecil. Artinya, dalam mengoperasikan alat ini anda tidak membbutuhkan bantuan orang lain. Akan tetapi untuk memadamkan api tentu saja apabila ada bantuan orang lain akan lebih baik.

    2. Alat Pemadam Kebakaran Portable

    Portable berasal dari bahasa Inggris yang artinya kurang lebih, mudah untuk dibawa dan digunakan alias memiliki ukuran yang praktis. Sama halnya dengan jenis yang pertama tadi, bahwa alat ini juga cukup dikendalikan oleh satu orang saja. Alat ini memiliki ukuran yang cukup kecil, yaitu antara 1 hingga 2 kilogram. Seperti yang penulis tuliskan sebelumnya, bila kebakaran di atasi sejak awal saat api masih kecil atau sedang maka penggunaan alat portable sudah sangat mampu mencegah terjadinya kebakaran. Harga alat ini juga sangat terjangkau, meskipun masih bergantung pada kapasitas yang anda inginkan.

    3. Alat Pemadam Kebakaran Thermatic System

    Thermatic merupakan alat yang dapat berjalan secara otomatis tanpa harus dioperasikan. Untuk penempatannya pun juga dapat disesuaikan dengan kondisi ruangan.

    4. Alat pemadam kebakaran berat (Trolley)

    Trolley adalah roda, Ya sesuai dengan namanya memang terdapat roda pada alat ini, tujuannya tidak lain adalah untuk memudahkan ketika ingin memindahkannya. Tidak perlu diangkat, melainkan cukup dengan di dorong. Dan alat ini akan berjalan. Karena ukurannya yang cukup berat, yaitu antara 20 hingga 80 kilogram, maka akan sangat sulit jika alat ini dioperasikan oleh satu orang. Minimal haruslah 2 orang, dan lebih banyak akan lebih baik.

    5. Hydrant

    Hydrant merupakan alat pemadam yang hanya berfungsi sebagai penampung air dan sumber air yang bersifat statis dan tidak dapat dipindahkan. Sedangkan untuk merek merek alat pemadam kebakaran saat ini sangat banyak sekali, baik yang berupa produk impor maupun produk lokal. Merek merek tersebut antara lain; Fire Indo, Yamato, Hatsuta, Viking, Saverex, Servvo, Sonick, Eversafe, Chubb, Gunebo, Alpindo, Altex, Solengan, Hartindo.

    Cara Menggunakan Alat Pemadam Kebakaran

    Menggunakan alat pemadam kebarakan sebenarnya bukan suatu hal yang sulit, namun karena penggunaan alat ini saat kita terdesak oleh api tidak jarang membuat kita bingung dalam menggunakanannya. Perlu anda ketahui, bahwa kebakaran dibutuhkan penanganan yang cepat dan tepat. Anda harus tanggap jika mengalami peristiwa ini. 4 cara mudah ini akan membantu anda mengatasi kebakaran kecil di rumah anda;

    • Pertama tama, anda harus melepas pin pengunci tuas yang terdapat pada tabung dengan cara menariknya.
    • Jika pin sudah terlepas, maka selanjutnya yaitu arahkan selang ke titik api/titik kebaran
    • Tekan tuas yang terdapat pada tabung (seperti menekan tang) hingga isi/serbuk dalam tabung keluar.
    • Terus fokus dan arahkan selang pemadam pada titik api, jika perlu lakukan secara merata hingga api benar benar padam.

    Harga & Macam Alat Pemadam Kebakaran

    Informasi seputar harga dan macam alat pemadam kebakaran update bulan ini dan tentunya terbaru. Untuk kebutuhan anda pribadi, saya rasa anda cukup untuk membeli dan miliki yang jenis APAR, alat pemadam kebakaran untuk tahapan ringan. Yang nantinya dapat anda tempatkan di dalam mobil (untuk yang ukuran 1kg) dan dapat anda tempatkan dirumah untuk yang ukuran (5kg).

    1. Alat pemadam kebakaran ringan (APAR) ukuran 5 kg: Harga Rp1.300.000
    2. Tabung Pemadam Api CAP. 9 Kg Merek Merdeka Pro, dipasaran anda dapat mendapatkan alat jenis ini dengan range harga 2.000.000 – 3.000.000, tabung ini berisi media gas HCFC ( Hidro – Khloro – Fluoro – Carbon ). Mengapa lebih mahal karena media ini merupakan salah satu media atau bahan yang di anggap cepat memadamkan api dan juga ramah lingkungan dengan kapasitas besar yaitu 9 Kg.
    3. Merek Saverex, harga Rp.410.000 kapasitas tabung Pemadam Api CAP. 6 Kg
    4. Merek Merdeka, harga Rp.700.000 kapasitas Tabung Pemadam Api CAP. 12 Kg

    Penyedia/Jual Alat Pemadam Kebakaran

    Alat Pemadam Kebakaran Portable

    Apabila anda ingin membeli alat ini, saya sangat menyarankan untuk membelinya secara online saja. Bisa anda bayangkan berapa kehilangan atau kerugian yang mungkin akan anda derita bila terjadi kebakaran besar. Dengan membeli secara online, biasanya anda akan lebih mudah mendapatkan harga yang lebih murah.

    Keunggulan & Kekurangan Alat Pemadam Kebakaran

    Berbicara tentang keunggulan dan kekurangan alat pemadam kebakaran, tentu berfokus pada dua hal yaitu memadamkan api secepat mungkin dan sedini mungkin lalu api tidak terpadamkan. Bila kebakaran di atasi sejak dini maka tentu akan sangat mengurangi resiko terjadinya kebakaran yang lebih besar. Kekurangan dari alat pemadam kebakaran adlaah bila sudah terjadi kebakaran besar karena terlambat penanganan dari anda maka alat ini tidak akan membantu banyak. Oleh karena itu memadamkan sejak api kecil sangat penting kiranya, untuk melakukan ini alat pemadam kebakaran portable memiliki keunggulan terbaik dalam hal ini. Semoga artikel tentang alat pemadam kebakaran kali ini memberikan wawasan dan manfaat lebih untuk anda.