Alat Pemadam Api Ringan (APAR) di Pematangsiantar

  • distributordis@gmail.com
    Kantor Pemasaran

    Bumi Wonorejo Asri A4 No.03, Surabaya

  • Informasi Seputar Alat Pemadam Kebakaran

    Pada kesempatan kali ini saya akan mengulas tentang Pengertian dan jenis jenis alat pemadam kebakaran. Setiap rumah atau gedung harusnya memiliki alat pemadam kebakaran. Hal ini digunakan untuk mengantisipasi apabila terjadi kebakaran yang membabib buta dalam rumah atau dalam gedung tersebut. Meskipun hal ini terlihat sepele, namun hendaknya tidak di sepelekan. Terkadang apabila terjadi pemadaman kecil di sebuah rumah, air saja tidaklah cukup untuk menghentikan, dan harus menggunakan alat ini. Alat ini sangat berfungsi untuk mengatasi kebakaran yang disebabkan karena gas yang meledak. Sehingga ketika anda selesai membaca artikel ini anda tidak akan bingung lagi ketika anda memutuskan untuk membelinya.

    Pengertian dan Kegunaan Alat Pemadam Kebakaran

    Baik sebelum kita menginjak pada permasalahan harga dan penyedia, saya akan mencoba mengupas terlebih dahulu Pengertian dan Kegunaan Alat Pemadam Kebakaran. Sebenarnya apa sih alat pemadam kebakaran itu? Alat pemadam kebakaran merupakan alat yang berbentuk tabung dan biasanya berisi serbuk. Nah alat ini berupa tabung yang di dalamnya terdapat serbuk. Warna dari benda umumnya berwarna merah. Nah, serbuk itulah yang memiliki fungsi memadamkan api. Sedangkan untuk penggunaannya, alat pemadam ini khusus hanya digunakan untuk pemadaman ringan, atau kebakaran yang terjadi pada lingkup kecil saja (dalam sekala ruangan).

    Jenis-jenis & Merek Alat Pemadam Kebakaran

    Perlu juga untuk anda sekedar pahami sebagai pengetahuan anda tentang Jenis-jenis Alat Pemadam Kebakaran Sehingga anda akan lebih bisa menyesuaikan ketika anda suatu hari nanti anda berencana untuk membeli. Mengetahui jenis jenis dan merek alat pemadam kebakaran ini cukup penting, sehingga anda akan tahu merek mana yang memiliki fitur lebih banyak serta anda juga akan tahu masing masing keunggulan dan kelemahannya. Baik akan saya coba kupas satu persatu;

    1. Alat pemadam kebakaran ringan (APAR)

    Alat ini bisa dikendalikan oleh satu orang. Misal anda melihat peristiwa kebakaran ringan di sekitar anda, anda dapat melakukannya sendiri tanpa bantuan orang lain. Dengan adanya pengukur tekanan ini, anda akan tahu berapa tekanan pada tabung sehingga anda akan lebih mudah mengontrolnya.

    2. Alat Pemadam Kebakaran Portable

    Alat ini berukuran mini, sehingga sangat mudah dan praktis untuk dibawa dan ditempatkan di mana mana. Dan karena alasan itulah alat ini disebut portable. Karena alat ini dapat di bawa ke mana mana tentu kapasitas dan berat dari alat pemadam api ini cukup ringan, umumnya di pasaran beredar berat 1 – 2 kg saja. Seperti yang penulis tuliskan sebelumnya, bila kebakaran di atasi sejak awal saat api masih kecil atau sedang maka penggunaan alat portable sudah sangat mampu mencegah terjadinya kebakaran. Harga alat ini juga sangat terjangkau, meskipun masih bergantung pada kapasitas yang anda inginkan.

    3. Alat Pemadam Kebakaran Thermatic System

    Alat ini cukup canggih, bagaimana tidak, alat ini dapat memadamkan api tanpa harus dioperasikan. Ketika terdapat asap yang disebabkan oleh asap yang terbakar, maka alat ini akan otomatis memadamkannya. Untuk penempatannya pun juga dapat disesuaikan dengan kondisi ruangan.

    4. Alat pemadam kebakaran berat (Trolley)

    Trolley adalah roda, Ya sesuai dengan namanya memang terdapat roda pada alat ini, tujuannya tidak lain adalah untuk memudahkan ketika ingin memindahkannya. Tidak perlu diangkat, melainkan cukup dengan di dorong. Dan alat ini akan berjalan. Beberapa merek yang cukup terkenal dan banyak digunakan adalah Merek FIRE INDO dan juga Merek STARVVO, keduanya tentu beragam dari kapasitas dan harganya. Namun untuk saat ini kedua merek ini merupakan salah satu yang paling di minati.

    5. Hydrant

    Hydrant merupakan alat pemadam yang hanya berfungsi sebagai penampung air dan sumber air yang bersifat statis dan tidak dapat dipindahkan. Sedangkan untuk merek merek alat pemadam kebakaran saat ini sangat banyak sekali, baik yang berupa produk impor maupun produk lokal. Merek merek tersebut antara lain; Fire Indo, Yamato, Hatsuta, Viking, Saverex, Servvo, Sonick, Eversafe, Chubb, Gunebo, Alpindo, Altex, Solengan, Hartindo.

    Cara Menggunakan Alat Pemadam Kebakaran

    Baik inilah inti pokok dari pembahasan kita kali ini, yaitu Cara Menggunakan Alat Pemadam Kebakaran . Saya sangat menghimbau kepada anda, bahwa dalam menggunakan alat ini sebaiknya digunakan secara berhati hati dan harus sesuai dengan prosedur yang saya paparkan berikut ini. Perlu anda ketahui, bahwa kebakaran dibutuhkan penanganan yang cepat dan tepat. Anda harus tanggap jika mengalami peristiwa ini. Berikut ini prosedur penggunaan alat pemada kebakaran:

    • Pastikan anda tahu terlebih dahulu dari masing masing fungsi yang ada pada tabung pemadam.
    • Langkah pertama yaitu menarik pin pengunci tuas. Jika anda tidak menarik pin tersebut maka pin akan tetap terkunji sehingga tidak bisa ditekan.
    • Setelah pin anda tarik, maka secara otomatis tuas akan berfungsi dan dapat anda tekan. Namun dalam tahap ini jangan tekan tuasnya dahulu, akan tetapi arahkan selang yang ada pada tabung ke sumber api.
    • Setelah anda mengarahkan selang tepat ke titik api, barulah anda tekan tuas tadi sehingga akan keluar serbuk yang ada dalam tabung. Semprotkan hingga merata, sampi api benar benar padam.

    Harga & Macam Alat Pemadam Kebakaran

    Selanjutnya kita akan berdiskusi masalah Harga & Macam Alat Pemadam Kebakaran. Hal ini tentu sangat penting, sehingga anda tidak akan terjebak dengan harga sales yang menawarkan anda dengan harga tinggi. Pada topik ini kita akan memberikan informasi tentang harga sesuai dengan macam alat pemadam baik yang ber kapasitas kecil dan besar.

    1. Alat pemadam kebakaran ringan (APAR) ukuran 5 kg: Harga Rp1.300.000
    2. Tabung Pemadam Api CAP. 9 Kg Merek Merdeka Pro, dipasaran anda dapat mendapatkan alat jenis ini dengan range harga 2.000.000 – 3.000.000, tabung ini berisi media gas HCFC ( Hidro – Khloro – Fluoro – Carbon ). Mengapa lebih mahal karena media ini merupakan salah satu media atau bahan yang di anggap cepat memadamkan api dan juga ramah lingkungan dengan kapasitas besar yaitu 9 Kg.
    3. Merek Saverex, harga Rp.410.000 kapasitas tabung Pemadam Api CAP. 6 Kg
    4. Merek Merdeka, harga Rp.700.000 kapasitas Tabung Pemadam Api CAP. 12 Kg

    Penyedia/Jual Alat Pemadam Kebakaran

    Jenis dan Harga Alat Pemadam Kebakaran Terbaru

    Kesadaran akan pentingnya penanggulangan kebakaran sejak dini sangat lah dibutuhkan, salah satu cara untuk mencegah terjadinya kebakaran tentu memadamkan api sejak kicil. Mencegah api berkobar yang paling akurat saat ini tentu dengan penggunaan alat pemadam kebakaran. Karena saat ini banyak sekali Penyedia/Jual Alat Pemadam Kebakaran yang dapat dijumpai di internet, dengan memiliki toko online dengan memajang produknya lengkap beserta fitur dan harganya. Namun jika anda memutuskan untuk membeli secara offline pun juga tidak masalah, karena pada inti dari membeli yaitu anda bisa mendapatkan barang yang berkualitas dan juga harga yang lebih miring.

    Keunggulan & Kekurangan Alat Pemadam Kebakaran

    Berbicara tentang keunggulan dan kekurangan alat pemadam kebakaran, tentu berfokus pada dua hal yaitu memadamkan api secepat mungkin dan sedini mungkin lalu api tidak terpadamkan. Alasan utama mengapa anda harus memiliki alat ini dirumah ataupun kantor tentu untuk mencegah terjadinya kebakaran besar. Kebakaran yang sudah membesar tentu sangat tidak mudah di atasi, dan akan menyebabkan kerugian besar bagi anda. Alat pemadam kebakaran memang sangat efektif untuk memadamkan api kecil dan sedang, namun bila sudah membesar maka akan lebih baik untuk segera memanggil petugas pemadam. Demikianlah artikel tentang Pengertian dan Jenis Alat pemadam kebakaran ini. Semoga apa yang saya sampaikan dapat memberikan manfaat, terutama ketika anda mengalami atau melihat adanya kebakaran di sekeliling anda. Tentu saja kita tidak mengharapkan hal tersebut terjadi, dan semoga jangan sampai terjadi. Namun seperti pepatah, bahwa kita harus tetap sedia payung sebelum hujan. Artinya, kita harus menyiapkan segala alat untuk mengantisipasi kemungkinan buruk yang bisa terjadi kapan saja. Jika menurut anda artikel ini berguna, silahkan di share. Terima kasih.