Alat Pemadam Api Ringan (APAR) di Samarinda

  • Info Pemesanan?

    Kantor Pemasaran

    Bumi Wonorejo Asri A4 No.03, Surabaya

  • Cara Menggunakan Alat Pemadam Kebakaran Yang Benar

    Kesadaran masyarakat tentang bahaya kebakaran semakin meningkat, hal ini di tunjukan dengan semakin tingginya permintaan pasar terhadap jenis alat ini. Kebakaran memang dapat mengancam siapapun anda, tidak jarang karena sedikit keteledoran terhadap api menyebabkan kebakaran di sekitar anda. Tentu setiap keluarga pasti membutuhkan api, khususnya untuk memasak. Tidak jarang terjadinya kebakaran karena keteledoran atau juga bisa di karenakan adanya konsleting listrik. Tentu penanganan yang terlambat akan membuat api membesar dan sudah tidak dapat di kendalikan. Oleh karena itu, penting kiranya untuk memiliki alat pemadam kebakaran di rumah, untuk meminimalisir dan mencegah terjadinya kasus kasus kebakaran.

    Pengertian dan Kegunaan Alat Pemadam Kebakaran

    Topik bahasan pertama kita adalah mengenalkan terlebih dahulu pengertian dan keguaan dari alat pemadam kebakaran ini. Bila anda bingung seperti apa bentuk alat ini, tentu anda pernah dan sering melihat alat yang tergantung di dinding, berbentuk tabung berwarna merah dan terdapat selang di ujungnya. Bila anda pernah melihat alat seperti yang penulis deskripsikan maka alat tersebut lah yang di maksud dengan alat pemadam kebakaran. Alat pemadah kebakaran yaitu alat yang berbentuk tabung dimana di dalam nya terdapat serbuk yang dapat memadamkan api. Sedangkan untuk kegunaannya, alat ini hanya digunakan untuk peristiwa kebakaran ringan saja. Alat ini sering digunakan untuk situasi darurat, dan efektif untuk tindakan prefentif atau tindakan pemadaman pertama indikasi kebakaran.

    Jenis-jenis & Merek Alat Pemadam Kebakaran

    Perlu juga untuk anda sekedar pahami sebagai pengetahuan anda tentang Jenis-jenis Alat Pemadam Kebakaran Sehingga anda akan lebih bisa menyesuaikan ketika anda suatu hari nanti anda berencana untuk membeli. Untuk jenisnya kurang lebih ada 5, yaitu Alat pemadam ringan (APAR), Alat pemadam Thermatic System, Alat Pemadam Hydrant, Alat Pemadam Portable, Dan yang terakhir alat pemadam Trolley.

    1. Alat pemadam kebakaran ringan (APAR)

    Jenis alat ini mungkin yang paling mudah untuk di operasikan dan dapat digunakan oleh satu orang. Jenis apar mudah untuk di bawa, dan sudah di lengkapi dengan pengukur tekanan. Fungsi pengukur tekanan ini adalah untuk mengetahui tekanan dalam tabung.

    2. Alat Pemadam Kebakaran Portable

    Alat ini berukuran mini, sehingga sangat mudah dan praktis untuk dibawa dan ditempatkan di mana mana. Dan karena alasan itulah alat ini disebut portable. Alat ini hanya untuk sekali pakai. Dan ketika anda telah memakainya sekali, anda harus membuangnya. Seperti yang penulis tuliskan sebelumnya, bila kebakaran di atasi sejak awal saat api masih kecil atau sedang maka penggunaan alat portable sudah sangat mampu mencegah terjadinya kebakaran. Harga alat ini juga sangat terjangkau, meskipun masih bergantung pada kapasitas yang anda inginkan.

    3. Alat Pemadam Kebakaran Thermatic System

    Alat ini cukup canggih, bagaimana tidak, alat ini dapat memadamkan api tanpa harus dioperasikan. Ketika terdapat asap yang disebabkan oleh asap yang terbakar, maka alat ini akan otomatis memadamkannya. Jadi ketika anda bepergian keluar rumah pun, rumah anda akan lebih aman karena penjagaan dari alat ini.

    4. Alat pemadam kebakaran berat (Trolley)

    Trolley merupakan alat pemadam yang memiliki roda. Karena anda tidak perlu mengangkatnya, tetapi anda bisa dengan menggelindingkannya. Selain terdapat roda, pada alat ini juga terdapat alat pengatur tekanan gas CO2 dan gas N2.

    5. Hydrant

    Hydrant merupakan alat pemadam yang hanya berfungsi sebagai penampung air dan sumber air yang bersifat statis dan tidak dapat dipindahkan. Alat ini bersifat diam ditempat dan tidak bisa dipindah. Karena fungsi utamanya hanyalah sebagai pemasok air.

    Cara Menggunakan Alat Pemadam Kebakaran

    Baik inilah inti pokok dari pembahasan kita kali ini, yaitu Cara Menggunakan Alat Pemadam Kebakaran . Saya sangat menghimbau kepada anda, bahwa dalam menggunakan alat ini sebaiknya digunakan secara berhati hati dan harus sesuai dengan prosedur yang saya paparkan berikut ini. Pada topik ini kita akan bahas tentang cara menggunakan alat pemadam kebakaran khususnya untuk jenis portable, yang merupakan paling banyak digunakan dan dimiliki masyarakat Indonesia. Berikut ini prosedur penggunaan alat pemada kebakaran:

      1. Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah mencabut segel lalu menarik tuas penahan apar.

     

      1. Lalu pastikan untuk mengarahkan selang alat pemadam ke titik api, dan yang terpenting pastikan anda untuk tidak terlalu dekat dengan sumber api. Jarak minimal adalah 6 hingga 10 kaki.

     

      1. Setelah syarat di atas di penuhi, tekan pengungkit untuk mengeluarkan isi dari tabung pemadam kebakaran tersebut.

     

    1. Untuk memastikan setiap titik api padam, anda dapat mengarahkan selang dari satu sisi ke sisi lainnya, semisal dari sisi kiri ayunkan ke kanan dan ulangi terus hingga setiap titik api benar benar padam.

    Harga & Macam Alat Pemadam Kebakaran

    Nah pada pokok bahasan ini saya akan memberitahu anda tentang Harga & Macam Alat Pemadam Kebakaran. Seperti yang saya sebutkan di awal tadi bahwa alat pemadam sangat banyak sekali macamnya. Dan anda tentu saja tidak membutuhkan semuanya. Untuk kebutuhan anda pribadi, saya rasa anda cukup untuk membeli dan miliki yang jenis APAR, alat pemadam kebakaran untuk tahapan ringan. Yang nantinya dapat anda tempatkan di dalam mobil (untuk yang ukuran 1kg) dan dapat anda tempatkan dirumah untuk yang ukuran (5kg).

    1. Alat pemadam kebakaran ringan (APAR) ukuran 5 kg: Harga Rp1.300.000
    2. Tabung Pemadam Api CAP. 9 Kg Merek Merdeka Pro, dipasaran anda dapat mendapatkan alat jenis ini dengan range harga 2.000.000 – 3.000.000, tabung ini berisi media gas HCFC ( Hidro – Khloro – Fluoro – Carbon ). Mengapa lebih mahal karena media ini merupakan salah satu media atau bahan yang di anggap cepat memadamkan api dan juga ramah lingkungan dengan kapasitas besar yaitu 9 Kg.
    3. Merek Saverex, harga Rp.260.000 kapasitas tabung Pemadam Api CAP. 3 Kg/li>
    4. Merek Merdeka PRO, harga Rp.775.000 kapasitas Tabung Pemadam Api CAP. 12.

    Penyedia/Jual Alat Pemadam Kebakaran

    Alat Pemadam Kebakaran Thermatic System

    Sedangkan jika anda sedang mencara Penyedia/Jual Alat Pemadam Kebakaran, anda dapat membelinya secara online maupun di toko peralatan terdekat dengan rumah anda. Karena saat ini banyak sekali Penyedia/Jual Alat Pemadam Kebakaran yang dapat dijumpai di internet, dengan memiliki toko online dengan memajang produknya lengkap beserta fitur dan harganya. Situs kami memberikan penawaran harga apar yang sangat terjangkau dan tentu dengan kualitas terbaik. Sudah di percaya oleh banyak konsumen dan telah membantu banyak konsumen dalam penanggulangan atau pencegahan terjadinya kebakaran. Pastikan anda memiliki apar saat ini juga sebelum api yang mendahului anda.

    Keunggulan & Kekurangan Alat Pemadam Kebakaran

    Masing masing jenis alat pemadam memiliki spesifikasi yang berbada beda. Keunggulan & Kekurangan Alat Pemadam Kebakaran juga tentu akan berbeda dari masing masing jenis tersebut. Bila kebakaran di atasi sejak dini maka tentu akan sangat mengurangi resiko terjadinya kebakaran yang lebih besar. Kekurangan dari alat pemadam kebakaran adlaah bila sudah terjadi kebakaran besar karena terlambat penanganan dari anda maka alat ini tidak akan membantu banyak. Namun kelemahannya, alat ini tidak dapat digunakan untuk menghentikan kobaran api yang sudah terlanjur membesar. Jika anda melihat api yang sudah besar dan membara, jangan gunakan alat ini karena dapat membahayakan keselamatan anda sendiri. Hubungi pihak pemadam kebakaran melalui telefon dan meminta bantuan tetangga terdekat anda. Namun bila api sudah terlambat di tangani dan membesar maka alat ini akan menunjukan kekurangannya, yaitu tidak mampu memadaman kobaran api. Oleh karena itu penting kiranya untuk mengatasi kebakaran sejak dini atau sejak api masih kecil, bukankah mencegah lebih baik dari mengobati.