Alat Pemadam Api Ringan (APAR) di Tanjungpinang

  • distributordis@gmail.com
    Kantor Pemasaran

    Bumi Wonorejo Asri A4 No.03, Surabaya

  • Pengertian dan Jenis – Jenis Alat Pemadam Kebakaran

    Pada kesempatan kali ini saya akan mengulas tentang Pengertian dan jenis jenis alat pemadam kebakaran. Setiap rumah atau gedung harusnya memiliki alat pemadam kebakaran. Pokok bahasan ini sangat penting, dan siapapun baik pria dan wanita harus bisa melakukannya. Karena kebakaran bisa saja terjadi dimana saja dan kapan saja. Prosedur yang saya berikan ini merupkan prosuder yang sesuai dengan standar nasional. Selain membahas tentang cara penggunaan, pada artikel ini saya juga akan menyelipkan tentang hal hal lain terkait dengan alat pemadam kebakaran seperti pengertian, kegunaan, jenis, merek, penyedia, kelebihan kekurangan dan lain lain. Oleh karena itu, penting kiranya untuk memiliki alat pemadam kebakaran di rumah, untuk meminimalisir dan mencegah terjadinya kasus kasus kebakaran.

    Pengertian dan Kegunaan Alat Pemadam Kebakaran

    Pada pembahasan pertama saya akan terlebih dahulu mengulas tentang Pengertian dan Kegunaan Alat Pemadam Kebakaran. Pengertian alat ini adalah sebuah alat yang berbentuk tabung pada umumnya dan berisi bahan pemadam api. Beberapa bahan yang terkandung pada alat ini seperti CO2, Dry Chemical Powder dan bahan lainnya. Nah alat ini berupa tabung yang di dalamnya terdapat serbuk. Warna dari benda umumnya berwarna merah. Nah, serbuk itulah yang memiliki fungsi memadamkan api. Sedangkan untuk penggunaannya, alat pemadam ini khusus hanya digunakan untuk pemadaman ringan, atau kebakaran yang terjadi pada lingkup kecil saja (dalam sekala ruangan).

    Jenis-jenis & Merek Alat Pemadam Kebakaran

    Alat pemadam kebakaran berat (Trolley)

    Berbicara tentang jenis jenis alat pemadam kebakaran maka akan lebih baik kita fokuskan pada alat pemadam kebakaran portable. Mengapa portable? Karena jenis ini lah yang paling cocok untuk digunakan setiap masyarakat Indonesia. Untuk jenisnya kurang lebih ada 5, yaitu Alat pemadam ringan (APAR), Alat pemadam Thermatic System, Alat Pemadam Hydrant, Alat Pemadam Portable, Dan yang terakhir alat pemadam Trolley.

    1. Alat pemadam kebakaran ringan (APAR)

    Alat ini bisa dikendalikan oleh satu orang. Misal anda melihat peristiwa kebakaran ringan di sekitar anda, anda dapat melakukannya sendiri tanpa bantuan orang lain. Dengan adanya pengukur tekanan ini, anda akan tahu berapa tekanan pada tabung sehingga anda akan lebih mudah mengontrolnya.

    2. Alat Pemadam Kebakaran Portable

    Portable berasal dari bahasa Inggris yang artinya kurang lebih, mudah untuk dibawa dan digunakan alias memiliki ukuran yang praktis. Alat ini hanya untuk sekali pakai. Dan ketika anda telah memakainya sekali, anda harus membuangnya. Alat jenis ini juga sangat cocok untuk di letakkan di dapur rumah, atau dapur tempat kerja anda.

    3. Alat Pemadam Kebakaran Thermatic System

    Alat ini cukup canggih, bagaimana tidak, alat ini dapat memadamkan api tanpa harus dioperasikan. Ketika terdapat asap yang disebabkan oleh asap yang terbakar, maka alat ini akan otomatis memadamkannya. Jadi ketika anda bepergian keluar rumah pun, rumah anda akan lebih aman karena penjagaan dari alat ini.

    4. Alat pemadam kebakaran berat (Trolley)

    Trolley merupakan alat pemadam yang memiliki roda. Karena anda tidak perlu mengangkatnya, tetapi anda bisa dengan menggelindingkannya. Selain terdapat roda, pada alat ini juga terdapat alat pengatur tekanan gas CO2 dan gas N2.

    5. Hydrant

    Alat ini sebenarnya bukanlah alat pemadam kebakaran yang dapat di bawa dan diletakkan dalam rumah, melainkan ditempatkan secara outdoor dan tidak bisa dipindahkan kemana mana. Alat ini berfungsi sebagai sumber air, jadi ketika terjadi kebakaran yang dalam level sedang, alat ini cukup membantu. Sedangkan untuk merek merek alat pemadam kebakaran saat ini sangat banyak sekali, baik yang berupa produk impor maupun produk lokal. Merek merek tersebut antara lain; Fire Indo, Yamato, Hatsuta, Viking, Saverex, Servvo, Sonick, Eversafe, Chubb, Gunebo, Alpindo, Altex, Solengan, Hartindo.

    Cara Menggunakan Alat Pemadam Kebakaran

    Punya alat pemadam kebakaran namun tidak tahu cara penggunaannya, tidak perlu kawatir. Karena pada topik bahasan ini, kita akan mengulas seputar cara menggunakan alat pemadam kebakaran yang baik dan benar. Karena jika api tidak segera padam, bisa jadi merembet ke tempat lain nya dan berpotensi menjadi kebakaran yang lebih besar. Oleh karena itu cara menggunakan alat ini perlu anda ketahui sebelum anda membelinya. 4 cara mudah ini akan membantu anda mengatasi kebakaran kecil di rumah anda;

    • Pastikan anda tahu terlebih dahulu dari masing masing fungsi yang ada pada tabung pemadam.
    • Langkah pertama yaitu menarik pin pengunci tuas. Jika anda tidak menarik pin tersebut maka pin akan tetap terkunji sehingga tidak bisa ditekan.
    • Setelah pin anda tarik, maka secara otomatis tuas akan berfungsi dan dapat anda tekan. Namun dalam tahap ini jangan tekan tuasnya dahulu, akan tetapi arahkan selang yang ada pada tabung ke sumber api.
    • Setelah anda mengarahkan selang tepat ke titik api, barulah anda tekan tuas tadi sehingga akan keluar serbuk yang ada dalam tabung. Semprotkan hingga merata, sampi api benar benar padam.

    Harga & Macam Alat Pemadam Kebakaran

    Nah pada pokok bahasan ini saya akan memberitahu anda tentang Harga & Macam Alat Pemadam Kebakaran. Seperti yang saya sebutkan di awal tadi bahwa alat pemadam sangat banyak sekali macamnya. Dan anda tentu saja tidak membutuhkan semuanya. Untuk kebutuhan anda pribadi, saya rasa anda cukup untuk membeli dan miliki yang jenis APAR, alat pemadam kebakaran untuk tahapan ringan. Yang nantinya dapat anda tempatkan di dalam mobil (untuk yang ukuran 1kg) dan dapat anda tempatkan dirumah untuk yang ukuran (5kg).

    1. Alat pemadam kebakaran ringan (APAR) ukuran 1 kg: Harga Rp300.000
    2. Alat Pemadam Api Newvo 5 Kg, dipasaran harga untuk jenis ini antara Rp.1.000.000 – 2.000.000, namun anda sudah mendapatkan yang terbaik di kelasnya.Alat jenis ini sudah menggunakan bahan ABC Dry Chemical Powder dengan kapasitas 5 Kg.
    3. Merek Saverex, harga Rp.260.000 kapasitas tabung Pemadam Api CAP. 3 Kg
    4. Merek Merdeka PRO, harga Rp.775.000 kapasitas Tabung Pemadam Api CAP. 12.

    Penyedia/Jual Alat Pemadam Kebakaran

    Harga dan Penyedia Alat Pemadam Kebakaran

    Kesadaran akan pentingnya penanggulangan kebakaran sejak dini sangat lah dibutuhkan, salah satu cara untuk mencegah terjadinya kebakaran tentu memadamkan api sejak kicil. Mencegah api berkobar yang paling akurat saat ini tentu dengan penggunaan alat pemadam kebakaran. Bisa anda bayangkan berapa kehilangan atau kerugian yang mungkin akan anda derita bila terjadi kebakaran besar. Namun jika anda memutuskan untuk membeli secara offline pun juga tidak masalah, karena pada inti dari membeli yaitu anda bisa mendapatkan barang yang berkualitas dan juga harga yang lebih miring.

    Keunggulan & Kekurangan Alat Pemadam Kebakaran

    Keunggulan & Kekurangan Alat Pemadam Kebakaran pasti selalu ada. Bukan hanya alat ini saja, melainkan semua alat di dunia ini pasti memiliki keunggulan dan kekurangan masing masing. Salah satu keunggulan alat ini yaitu dapat digunakan untuk memadamkan api secara darurat yang terjadi di rumah pribadi anda. Kelemahannya yaitu tidak dapat digunakan untuk memadamkan api yang sudah terlanjur membesar. Saya rasa kurang lebih itulah informasi tentang Harga dan Penyedia alat pemadam kebakaran. Seperti yang saya katakan sebelumnya, bahwa anda seharusnya memiliki alat ini, guna untuk berjaga jaga jika suatu saat ada hal buruk yang terjadi. Meskipun pada dasarnya kita tidak mengharapkan hal tersebut terjadi. Cukup signifikan bukan peran alat ini, oleh karena itu pastikan anda menjaga keluarga andadengan mencegah kebakaran dengan menggunakan alat pemadam kebakaran.