Alat Pemadam Api Ringan (APAR) di Tasikmalaya

  • Info Pemesanan?

    Kantor Pemasaran

    Bumi Wonorejo Asri A4 No.03, Surabaya

  • Pengertian dan Jenis – Jenis Alat Pemadam Kebakaran

    Kesadaran masyarakat tentang bahaya kebakaran semakin meningkat, hal ini di tunjukan dengan semakin tingginya permintaan pasar terhadap jenis alat ini. Mengapa saya menulis hal ini karena ini merupakan hal penting. Ya, setiap rumah terutama yang berada berdempet dempetan dengan rumah tetangga, maka alat pemadam kebakaran wajib untuk dimiliki. Tentu setiap keluarga pasti membutuhkan api, khususnya untuk memasak. Tidak jarang terjadinya kebakaran karena keteledoran atau juga bisa di karenakan adanya konsleting listrik. Tentu penanganan yang terlambat akan membuat api membesar dan sudah tidak dapat di kendalikan. Sehingga ketika anda selesai membaca artikel ini anda tidak akan bingung lagi ketika anda memutuskan untuk membelinya.

    Pengertian dan Kegunaan Alat Pemadam Kebakaran

    Topik bahasan pertama kita adalah mengenalkan terlebih dahulu pengertian dan keguaan dari alat pemadam kebakaran ini. Dengan tidak mengenali pengertian dan fungsinya, bisa jadi anda akan menganggap alat ini tidak penting. Padahal alat ini sangat penting sekali. Secara harfiah, pengertian dari alat pemadam kebakaran adalah alat perlindungan dari kebakaran yang ditujukan tentunya untuk memadamkan api dan kebakaran kecil. Sedangkan untuk penggunaannya, alat pemadam ini khusus hanya digunakan untuk pemadaman ringan, atau kebakaran yang terjadi pada lingkup kecil saja (dalam sekala ruangan).

    Jenis-jenis & Merek Alat Pemadam Kebakaran

    Berbicara tentang jenis jenis alat pemadam kebakaran maka akan lebih baik kita fokuskan pada alat pemadam kebakaran portable. Mengapa portable? Karena jenis ini lah yang paling cocok untuk digunakan setiap masyarakat Indonesia. Alasan mengapa portable lebih disarankan adalah karena mudahnya digunakan, dapat di bawa kemana mana, dan sudah terbukti efektif memadamkan untuk jenis api kecil dan sedang.

    1. Alat pemadam kebakaran ringan (APAR)

    Alat jenis ini telah dilengkapi dengan alat pengukur tekanan atau dalam istilah bahasa inggrisnya (pressure gauge). APAR termasuk yang ringan di kelasnya, dimana rata rata memiliki berat antara 1 sampai 9 kg.

    2. Alat Pemadam Kebakaran Portable

    Jenis alat yang satu ini cukup uniqe di banding dengan yang lainnya, karena alat ini dapat di bawa ke mana mana, dan cukup mudah untuk di operasikan sehingga dapat di gunakan meskipun anda sendirian. Karena alat ini dapat di bawa ke mana mana tentu kapasitas dan berat dari alat pemadam api ini cukup ringan, umumnya di pasaran beredar berat 1 – 2 kg saja. Dan alat ini hanya bisa digunakan sekali pakai saja. Jika anda telah menggunakannya, maka anda tidak bisa memakainya lagi. Karena alat ini tidak bisa di isi ulang.

    3. Alat Pemadam Kebakaran Thermatic System

    Alat ini cukup canggih, bagaimana tidak, alat ini dapat memadamkan api tanpa harus dioperasikan. Ketika terdapat asap yang disebabkan oleh asap yang terbakar, maka alat ini akan otomatis memadamkannya. Untuk penempatannya pun juga dapat disesuaikan dengan kondisi ruangan.

    4. Alat pemadam kebakaran berat (Trolley)

    Trolley merupakan alat pemadam yang memiliki roda. Karena anda tidak perlu mengangkatnya, tetapi anda bisa dengan menggelindingkannya. Selain terdapat roda, pada alat ini juga terdapat alat pengatur tekanan gas CO2 dan gas N2.

    5. Hydrant

    Hydrant merupakan alat pemadam yang hanya berfungsi sebagai penampung air dan sumber air yang bersifat statis dan tidak dapat dipindahkan. Alat ini bersifat diam ditempat dan tidak bisa dipindah. Karena fungsi utamanya hanyalah sebagai pemasok air.

    Cara Menggunakan Alat Pemadam Kebakaran

    Punya alat pemadam kebakaran namun tidak tahu cara penggunaannya, tidak perlu kawatir. Karena pada topik bahasan ini, kita akan mengulas seputar cara menggunakan alat pemadam kebakaran yang baik dan benar. Karena jika api tidak segera padam, bisa jadi merembet ke tempat lain nya dan berpotensi menjadi kebakaran yang lebih besar. Oleh karena itu cara menggunakan alat ini perlu anda ketahui sebelum anda membelinya. 4 cara mudah ini akan membantu anda mengatasi kebakaran kecil di rumah anda;

    1. Pastikan anda tahu terlebih dahulu dari masing masing fungsi yang ada pada tabung pemadam.
    2. Langkah pertama yaitu menarik pin pengunci tuas. Jika anda tidak menarik pin tersebut maka pin akan tetap terkunji sehingga tidak bisa ditekan.
    3. Setelah pin anda tarik, maka secara otomatis tuas akan berfungsi dan dapat anda tekan. Namun dalam tahap ini jangan tekan tuasnya dahulu, akan tetapi arahkan selang yang ada pada tabung ke sumber api.
    4. Setelah anda mengarahkan selang tepat ke titik api, barulah anda tekan tuas tadi sehingga akan keluar serbuk yang ada dalam tabung. Semprotkan hingga merata, sampi api benar benar padam.

    Harga & Macam Alat Pemadam Kebakaran

    Nah pada pokok bahasan ini saya akan memberitahu anda tentang Harga & Macam Alat Pemadam Kebakaran. Seperti yang saya sebutkan di awal tadi bahwa alat pemadam sangat banyak sekali macamnya. Dan anda tentu saja tidak membutuhkan semuanya. Pada topik ini kita akan memberikan informasi tentang harga sesuai dengan macam alat pemadam baik yang ber kapasitas kecil dan besar.

    1. Alat pemadam kebakaran ringan (APAR) ukuran 1 kg: Harga Rp300.000
    2. Tabung Pemadam Api CAP. 9 Kg Merek Merdeka Pro, dipasaran anda dapat mendapatkan alat jenis ini dengan range harga 2.000.000 – 3.000.000, tabung ini berisi media gas HCFC ( Hidro – Khloro – Fluoro – Carbon ). Mengapa lebih mahal karena media ini merupakan salah satu media atau bahan yang di anggap cepat memadamkan api dan juga ramah lingkungan dengan kapasitas besar yaitu 9 Kg.
    3. Merek Saverex, harga Rp.260.000 kapasitas tabung Pemadam Api CAP. 3 Kg
    4. Merek Merdeka PRO, harga Rp.775.000 kapasitas Tabung Pemadam Api CAP. 12.

    Penyedia/Jual Alat Pemadam Kebakaran

    Penyedia/Jual Alat Pemadam Kebakaran

    Menginvestasikan sedikit dana anda untuk keselamatan dari kebakaran tentu bukan hal yang mahal. Memiliki setidaknya satu alat pemadam kebakaran di rumah anda merupakan sebuah pilihan yang bijak. Bisa anda bayangkan berapa kehilangan atau kerugian yang mungkin akan anda derita bila terjadi kebakaran besar. Namun jika anda memutuskan untuk membeli secara offline pun juga tidak masalah, karena pada inti dari membeli yaitu anda bisa mendapatkan barang yang berkualitas dan juga harga yang lebih miring.

    Keunggulan & Kekurangan Alat Pemadam Kebakaran

    Berbicara tentang keunggulan dan kekurangan alat pemadam kebakaran, tentu berfokus pada dua hal yaitu memadamkan api secepat mungkin dan sedini mungkin lalu api tidak terpadamkan. Bila kebakaran di atasi sejak dini maka tentu akan sangat mengurangi resiko terjadinya kebakaran yang lebih besar. Kekurangan dari alat pemadam kebakaran adlaah bila sudah terjadi kebakaran besar karena terlambat penanganan dari anda maka alat ini tidak akan membantu banyak. Alat pemadam kebakaran memang sangat efektif untuk memadamkan api kecil dan sedang, namun bila sudah membesar maka akan lebih baik untuk segera memanggil petugas pemadam. Demikianlah artikel tentang Pengertian dan Jenis Alat pemadam kebakaran ini. Semoga apa yang saya sampaikan dapat memberikan manfaat, terutama ketika anda mengalami atau melihat adanya kebakaran di sekeliling anda. Tentu saja kita tidak mengharapkan hal tersebut terjadi, dan semoga jangan sampai terjadi. Namun seperti pepatah, bahwa kita harus tetap sedia payung sebelum hujan. Artinya, kita harus menyiapkan segala alat untuk mengantisipasi kemungkinan buruk yang bisa terjadi kapan saja. Jika menurut anda artikel ini berguna, silahkan di share. Terima kasih.