Alat Pemadam Api Ringan (APAR) di Yogyakarta

  • Info Pemesanan?

    Kantor Pemasaran

    Bumi Wonorejo Asri A4 No.03, Surabaya

  • Pengertian dan Jenis – Jenis Alat Pemadam Kebakaran

    Pada kesempatan kali ini saya akan mengulas tentang Pengertian dan jenis jenis alat pemadam kebakaran. Setiap rumah atau gedung harusnya memiliki alat pemadam kebakaran. Kebakaran memang dapat mengancam siapapun anda, tidak jarang karena sedikit keteledoran terhadap api menyebabkan kebakaran di sekitar anda. Tentu setiap keluarga pasti membutuhkan api, khususnya untuk memasak. Tidak jarang terjadinya kebakaran karena keteledoran atau juga bisa di karenakan adanya konsleting listrik. Tentu penanganan yang terlambat akan membuat api membesar dan sudah tidak dapat di kendalikan. Sebelum api merambat menyambar langit langit rumah, dapat segera dihentikan dengan menggunakan alat kebakaran yang berbentuk tabung ini.

    Pengertian dan Kegunaan Alat Pemadam Kebakaran

    Topik bahasan pertama kita adalah mengenalkan terlebih dahulu pengertian dan keguaan dari alat pemadam kebakaran ini. Sebenarnya apa sih alat pemadam kebakaran itu? Alat pemadam kebakaran merupakan alat yang berbentuk tabung dan biasanya berisi serbuk. Nah alat ini berupa tabung yang di dalamnya terdapat serbuk. Warna dari benda umumnya berwarna merah. Nah, serbuk itulah yang memiliki fungsi memadamkan api. Jadi ketika anda melihat peristiwa kebakaran yang masih dalam kondisi ringan (api nya masih belum membesar) anda dapat memanfaatkan alat ini.

    Jenis-jenis & Merek Alat Pemadam Kebakaran

    Penyedia/Jual Alat Pemadam Kebakaran

    Terdapat banyak jenis dari alat ini, sedikitnya bila dapat dikelompakan maka terdapat 4 jenis. Tentu setiap jenis memiliki fungsi dan kelebihan masing masing. Alasan mengapa portable lebih disarankan adalah karena mudahnya digunakan, dapat di bawa kemana mana, dan sudah terbukti efektif memadamkan untuk jenis api kecil dan sedang.

    1. Alat pemadam kebakaran ringan (APAR)

    Alat jenis APAR umumnya digunakan untuk peristiwa kebakaran yang ringan atau kecil. Artinya, dalam mengoperasikan alat ini anda tidak membbutuhkan bantuan orang lain. Akan tetapi untuk memadamkan api tentu saja apabila ada bantuan orang lain akan lebih baik.

    2. Alat Pemadam Kebakaran Portable

    Alat ini berukuran mini, sehingga sangat mudah dan praktis untuk dibawa dan ditempatkan di mana mana. Dan karena alasan itulah alat ini disebut portable. Alat ini hanya untuk sekali pakai. Dan ketika anda telah memakainya sekali, anda harus membuangnya. Seperti yang penulis tuliskan sebelumnya, bila kebakaran di atasi sejak awal saat api masih kecil atau sedang maka penggunaan alat portable sudah sangat mampu mencegah terjadinya kebakaran. Harga alat ini juga sangat terjangkau, meskipun masih bergantung pada kapasitas yang anda inginkan.

    3. Alat Pemadam Kebakaran Thermatic System

    Alat ini cukup canggih, bagaimana tidak, alat ini dapat memadamkan api tanpa harus dioperasikan. Ketika terdapat asap yang disebabkan oleh asap yang terbakar, maka alat ini akan otomatis memadamkannya. Untuk penempatannya pun juga dapat disesuaikan dengan kondisi ruangan.

    4. Alat pemadam kebakaran berat (Trolley)

    Jenis ini berbeda dengan apar, karena trolley di tujukan sebagai alat pemadam api berat. Umumnya tabung nya memiliki roda, tentu tujuannya untuk memudahkan membawanya. Alat jenis ini memiliki kapasitas lebih besar di bandingkan apar, umumnya antara 20 – 80 Kg. Untuk peng operasiannya pun harus di lakukan oleh 2 orang. Karena anda tidak perlu mengangkatnya, tetapi anda bisa dengan menggelindingkannya. Selain terdapat roda, pada alat ini juga terdapat alat pengatur tekanan gas CO2 dan gas N2.

    5. Hydrant

    Hydrant merupakan alat pemadam yang hanya berfungsi sebagai penampung air dan sumber air yang bersifat statis dan tidak dapat dipindahkan. Bila di Tanya merek apa yang harus di pilih, maka merek Fire indo dan Merk Starvvo dapat menjadi opsi terbaik. Kedua merek ini menyediakan berbagai jenis alat pemadam kebakaran portable, umumnya dengan kapasitas 1 – 12 dan bahan yang berbeda.

    Cara Menggunakan Alat Pemadam Kebakaran

    Setelah anda mengetahui tentang pengertian, jenis dan merek, anda sekarang akan mempelajari tentang Cara Menggunakan Alat Pemadam Kebakaran yang benar. Karena kebakaran merupakan sebuah kecelakaan, maka dalam penangannya pun juga tidak boleh asal asalan. Karena jika api tidak segera padam, bisa jadi merembet ke tempat lain nya dan berpotensi menjadi kebakaran yang lebih besar. Oleh karena itu cara menggunakan alat ini perlu anda ketahui sebelum anda membelinya. 4 cara mudah ini akan membantu anda mengatasi kebakaran kecil di rumah anda;

    • Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah mencabut segel lalu menarik tuas penahan apar.
    • Lalu pastikan untuk mengarahkan selang alat pemadam ke titik api, dan yang terpenting pastikan anda untuk tidak terlalu dekat dengan sumber api. Jarak minimal adalah 6 hingga 10 kaki.
    • Setelah syarat di atas di penuhi, tekan pengungkit untuk mengeluarkan isi dari tabung pemadam kebakaran tersebut.
    • Untuk memastikan setiap titik api padam, anda dapat mengarahkan selang dari satu sisi ke sisi lainnya, semisal dari sisi kiri ayunkan ke kanan dan ulangi terus hingga setiap titik api benar benar padam.

    Harga & Macam Alat Pemadam Kebakaran

    Harga apar memang sangat beragam, dan nominal harga tentu di pengaruhi dari media dan kapasitas dari apar itu sendiri. Umumnya semakin besar kapasitas maka semakin mahal pula harga apar tersebut. Pada topik ini kita akan memberikan informasi tentang harga sesuai dengan macam alat pemadam baik yang ber kapasitas kecil dan besar.

    1. Alat pemadam kebakaran ringan (APAR) ukuran 1 kg: Harga Rp300.000
    2. Alat Pemadam Api Newvo 5 Kg, dipasaran harga untuk jenis ini antara Rp.1.000.000 – 2.000.000, namun anda sudah mendapatkan yang terbaik di kelasnya.Alat jenis ini sudah menggunakan bahan ABC Dry Chemical Powder dengan kapasitas 5 Kg.
    3. Merek Saverex, harga Rp.260.000 kapasitas tabung Pemadam Api CAP. 3 Kg
    4. Merek Merdeka PRO, harga Rp.775.000 kapasitas Tabung Pemadam Api CAP. 12.

    Penyedia/Jual Alat Pemadam Kebakaran

    Penyedia/Jual Alat Pemadam Kebakaran

    Memiliki sebuah apar di rumah atau kantor anda tentu merupakan sebuah kewajiban, karena kebakaran dapat menimpa siapapun anda dan dimanapun lokasi anda. Penanggulangan kebakaran yang dini akan memperkecil resiko terjadinya kebakaran besar dan kerugian yang besar. Karena saat ini banyak sekali Penyedia/Jual Alat Pemadam Kebakaran yang dapat dijumpai di internet, dengan memiliki toko online dengan memajang produknya lengkap beserta fitur dan harganya. Namun jika anda memutuskan untuk membeli secara offline pun juga tidak masalah, karena pada inti dari membeli yaitu anda bisa mendapatkan barang yang berkualitas dan juga harga yang lebih miring.

    Keunggulan & Kekurangan Alat Pemadam Kebakaran

    Alat pemadam kebakaran portable sudah sangat efektif untuk mencegah terjadinya kebakaran besar, alat ini mampu memadamkan api kecil hingga sedang. Salah satu keunggulan alat ini yaitu dapat digunakan untuk memadamkan api secara darurat yang terjadi di rumah pribadi anda. Kelemahannya yaitu tidak dapat digunakan untuk memadamkan api yang sudah terlanjur membesar. Saya rasa kurang lebih itulah informasi tentang Harga dan Penyedia alat pemadam kebakaran. Seperti yang saya katakan sebelumnya, bahwa anda seharusnya memiliki alat ini, guna untuk berjaga jaga jika suatu saat ada hal buruk yang terjadi. Meskipun pada dasarnya kita tidak mengharapkan hal tersebut terjadi. Demikianlah artikel tentang Pengertian dan Jenis Alat pemadam kebakaran ini. Semoga apa yang saya sampaikan dapat memberikan manfaat, terutama ketika anda mengalami atau melihat adanya kebakaran di sekeliling anda. Tentu saja kita tidak mengharapkan hal tersebut terjadi, dan semoga jangan sampai terjadi. Namun seperti pepatah, bahwa kita harus tetap sedia payung sebelum hujan. Artinya, kita harus menyiapkan segala alat untuk mengantisipasi kemungkinan buruk yang bisa terjadi kapan saja. Jika menurut anda artikel ini berguna, silahkan di share. Terima kasih.